Alfauzi Salam dan Hetty Herawati, saat memberikan keterangan tentang LO.

CILEGON – Leopard Wisnu Kumala (LO), pelaku teror peledakan bom di Mall Alam Sutera, Kota Tangerang, pernah mengenyam pendidikan di Stikkom Insan Unggul, Kota Cilegon. Sama halnya dengan catatan akademisnya di SMAN 2 Krakatau Steel Kota Cilegon, di dunia perkuliahan, prestasi LO tergolong biasa.

Ketua Stikkom Insan Unggul Cilegon Alfauzi Salam mengatakan, LO mengambil jurusan D3 Manajemen Informatika. Pada saat itu, tidak ada prestasi bidang pendidikan yang menonjol dari sosok LO. “Dia (LO) itu anak yang baik, santun dan pendiam. Pendidikannya standar, cuma memang dia ahli di bidang IT. Karena IT itu hobinya,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/10/2015) sore.

Kecintaan LO pada dunia IT belakangan membawanya kepada jeratan hukum. Kemampuannya dalam merahasiakan alamat email saat melayangkan surat elektronik yang berisi pemerasan kepada calon korbannya bahkan sempat menyulitkan polisi untuk melakukan pelacakan. Masih dikatakan Alfauzi, informasi yang dihimpun pihaknya, lulus dengan nilai IPK 3,1 pada tahun 2008 silam, LO sempat bekerja di beberapa perusahaan dengan bekal kemampuan IT yang ia kuasai.

“Dia pernah jadi programmer, senior programmer, sampai menjadi senior IT di beberapa perusahaan. Hingga bekerja di perusahaannya saat ini. Mungkin karena berbagai pengalaman yang ia miliki juga, akhirnya ia berfikir pada hal-hal yang kurang baik. Karena selama kuliah, kami hanya mengenalkan materi IT dasar saja,” imbuhnya.

Senada dikatakan oleh Hetty Herawati, Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiwaan Stikkom Insan Unggul. Hetty yang pada saat itu menjadi dosen LO untuk mata kuliah pengantar bisnis mengatakan belum bisa mempercayai bahwa mantan anak didiknya adalah pelaku teror bom rakitan yang berdaya ledak tinggi itu. “Dia (LO) dulu anak yang manis, kenapa bisa seperti ini sekarang. Yang selalu ingat, dia itu orang yang murah senyum, dan selalu menyapa bila bertemu,” ungkap Wanita yang akrab disapa LO dengan panggilan Bunda ini. (Devi Krisna)