Pelanggaran Truk Kelebihan Muatan dan Ukuran Marak

0
115 views

CILEGON – Pelanggaran aturan ukuran dan berat truk atau peraturan overdimension dan overload (ODOL) masih marak.

Untuk menertibkan para pelanggar tersebut, Selasa (17/11), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan operasi di Jalan Aat-Rusli (JAR) atau yang lebih kenal disebut Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Operasi pelanggaran ODOL dilakukan di pusat oleh-oleh Cari Manis, Kilometer 05, Kecamatan Cibeber. Satu persatu truk yang melintas diperiksa petugas dari Kemenhub, Balai Pengelola Transporatasi Darat (BPTD) Banten, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Dishub Kota Cilegon, polisi, dan TNI.

Pantauan Radar Banten, untuk mengukur berat, Kemenhub menerjunkan alat yang menyerupai timbangan, hasil timbangan pun langsung diketahui pada saat pemeriksaan.

Sedangkan untuk mengukur dimensi, petugas secara manual mengukur tinggi, panjang, hingga lebar kendaraan menggunakan meteran.

Ditemui di lokasi operasi, Koordinator Tim Wilayah Banten dari Kemenhub, Sanudin menjelaskan, operasi itu juga dilakukan di sejumlah daerah lain di Indonesia.

Operasi dengan target pelanggaran terhadap ODOL itu akan berlangsung sampai Kamis (19/11) mendatang.

“Hasilnya ada beberapa truk yang melanggar. Selanjutnya, teknis penindakan oleh penyidik, akan diproses secara hukum,” ujar Sanudin kepada wartawan. (Bayu Mulyana)