“Pelangi” di Umbul Kapuk

0
435 views

TAKTAKAN – Warga RT 001 RW 001, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, tengah bahu-membahu mengecat jalan dan melukis dinding-dinding rumah. Warga berusaha mengubah tempat tinggalnya menjadi perkampungan penuh warna. Mereka menyebutnya lingkungan pelangi.

Minggu (18/4), warga RT 001 di Lingkungan Umbul Kapuk kembali bergotong royong membenahi dan mempercantik kampungnya. Bapak-bapak warga RT ini membuat pagar dari bambu, ibu-ibunya menyapu jalan dan membersihkan selokan, sedangkan pemudanya membuat pot tanaman dari ban mobil bekas dan mengecat jalan serta melukis dinding-dinding rumah warga.

“Kita bakal jadikan Umbul Kapuk lingkungan pelangi,” tegas Ketua RT 001 Sarim A kepada Radar Banten.

Jalan sepanjang 300 meter di perkampungan yang dihuni oleh 260 jiwa penduduk dari 80 kepala keluarga (KK) ini, jelas Sarim, tengah dihias dengan lis warna-warni di sisi kanan dan kirinya. Setelah pot dari ban bekas jadi, juga akan dicat bermacam warna. Tanaman yang ditanam di dalam pot pun bakal beberapa jenis dengan warna beragam. Pun demikian dengan pagar dari bambu, dicat warna-warni.

“Ini idenya pemuda yang ingin lingkungan jadi berwarna,” ungkap Sarim.

Agar cat tidak mudah luntur dan menghasilkan warna lebih cerah, menurut Sarim, warganya menggunakan cat besi dicampur tiner. Pengerjaan penataan lingkungan RT 001 ini ditargetkan rampung sebelum bulan Ramadhan tiba.

“Pengerjaannya kita kebut siang dan malam, supaya pas puasa, sudah kelihatan hasilnya,” jelas Sarim.

Sementara, Lurah Panggungjati H Jaenuri menyatakan alasannya memilih RT 001 di Lingkungan Umbul Kapuk sebagai satu dari enam RT di kelurahannya yang diikutkan LRLA. Karena, perkampungan ini merupakan pintu masuk Kelurahan Panggungjati. “Warga dan pemudanya juga kompak,” tambahnya.

Jaenuri mewanti warganya yang tengah bekerja bakti membenahi lingkungannya. Bahwa, harus tetap melaksanakan sosial distancing dan rajin mencuci tangan. Kampung jadi bersih, indah, dan aman, Warganya pun tetap sehat dan selamat dari wabah corona. (mg06/don)