Pelantikan Presiden, Banten Kondusif

SERANG – Sejumlah daerah di wilayah hukum Polda Banten mendapat pengamanan ekstra dari aparat kepolisian dan TNI, Minggu (20/10). Hal ini untuk menjamin tidak ada pergerakan massa yang ingin membuat kekacauan di Jakarta saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Pemeriksaan di gerbang Tol Serang Timur, Tol Cilegon Barat, Tol Cilegon Timur, Tol Serang Barat, dan Tol Ciujung. Di gerbang Pintu Tol Serang Timur petugas memeriksa penumpang bus yang akan menuju Jakarta. Selain meminta menunjukkan kartu identitas, petugas juga menanyakan tujuan warga yang akan ke Jakarta. Pemeriksaan berlangsung dengan persuasif. Selain memeriksa penumpang, petugas juga memeriksa kendaraan muatan barang.

“Sejak tadi pagi sampai sore hari terpantau aktivitas masyarakat yang berangkat ke Jakarta sangat normal seperti biasa. Hal tersebut berdasarkan hasil patroli sekaligus penyekatan kita,” kata Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata.

Edy mengklaim tidak ada pergerakan massa dari Banten menuju Jakarta yang signifikan. Aktivitas masyarakat tujuan Jakarta kebanyakan untuk berekreasia atau pun bersilaturahmi dengan sanak saudaranya. “Tidak ada mobilisasi massa yang signifikan. Tadi ada pemeriksaan semuanya tidak ada temuan membawa senjata tajam atau pun barang berbahaya lainnya,” kata Edy.

Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Amiludin Roemtaat mengatakan dalam operasi pengamanan wilayah pihaknya mengerahkan personel kepolisian wanita atau polwan. Jumlahnya satu kompi atau 100 orang, yang disebar ke sejumlah lokasi. (Fahmi Sai)