Pelantikan Syafrudin-Subadri di Situs Watu Gilang

Syafrudin-Subadri Usuludin berbincang santai saat penetapan pasangan calon terpilih Pilkada Kota Serang 2018 di Hotel Ultima Horison Serang, Sabtu (11/8).

SERANG – Rencana pelantikan walikota dan wakil walikota Serang terpilih Syafrudin-Subadri Usuludin pada Rabu (5/12) besok mengalami perubahan tempat. Semula bertempat di Pendopo Gubernur Banten dipindah ke kawasan Banten Lama, tepatnya di Situs Watu Gilang.

Berdasarkan rapat pada Kamis (29/11) lalu, pelantikan pasangan yang mempunyai slogan Aje Kendor itu rencananya dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten. Namun, berdasarkan hasil rapat kemarin, Gubernur Banten Wahidin Halim menginginkan pelantikan pasangan yang terpilih pada Pilkada Kota Serang 2018 ini dilaksanakan di Situs Watu Gilang, Kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen.

Asda I Pemkot Serang Nanang Saepudin mengatakan, dipilihnya Situs Watu Gilang menjadi lokasi pelantikan dengan alasan tempat tersebut dulunya merupakan tempat dilantiknya para sultan. “Sehingga Gubernur meminta untuk dapat melaksanakan kegiatan di tempat tersebut,” ujar Nanang, Senin (3/12).

Ia mengatakan, sebagai persiapan, hari ini Pemkot Serang dan Pemprov Banten melakukan geladi resik. Tamu undangan yang hadir akan disesuaikan dengan kapasitas tempat. Usai pelantikan di Banten Lama, pasangan yang diusung empat partai politik itu akan menyampaikan visi misi dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota Serang sekaligus serah terima jabatan dengan Penjabat Walikota Serang Ade Ariyanto.

Kepala Bagian TU Pimpinan dan Protokol Pemkot Serang Kusna Ramdani mengungkapkan, perpindahan lokasi pelantikan itu atas keinginan Gubernur Banten. “Ini juga masih sementara, tapi 90 persen pelantikan akan dilaksanakan di Banten Lama,” ujar pria yang akrab disapa Dani ini.

Kata dia, pemilihan kawasan Banten Lama sebagai tempat pelantikan kemungkinan lantaran Gubernur ingin mengekspose wisata Banten Lama dan mempromosikan kawasan itu sebagai destinasi wisata. Undangan untuk menghadiri pelantikan itu hanya terbatas sekira 150 orang saja yang terdiri atas pejabat Pemprov Banten, Pemkot Serang, kabupaten kota lain di Banten, serta keluarga. “Namun, diprediksi akan lebih mengingat ada para pendukung dan simpatisan,” tuturnya. Pelantikan itu rencananya dihelat pukul 08.00 WIB. Setelah itu, Syafrudin-Subadri akan menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Serang.

Keesokan harinya (6/12) pukul 19.00 WIB, ia mengatakan, akan dihelat syukuran pelantikan walikota dan wakil walikota dengan seluruh ASN Pemkot, masyarakat, para pendukung, dan simpatisan Syafrudin-Subadri yang telah menghantarkan keduanya terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Serang periode 2013-2018. Syukuran yang akan dilaksanakan di halaman Puspemkot Serang itu akan diisi juga dengan prosesi pedang pora dan tarian selamat datang. “Tasyakuran itu akan diisi dengan tausiyah,” ujar Dani. (Rostinah/RBG)