Pelapak Mulai Menempati Hanggar Pasar Baru Cilegon

0
1703

CILEGON – Para pedagang yang selama ini kerap membuka lapak di akses masuk dan keluar Pasar Baru Cilegon atau sering disebut Pasar Keranggot mulai ditempatkan ke hanggar 1, 2 dan 3 oleh pemerintah.

Kepala Disperindag Kota Cilegon Abadiah menjelaskan, para pelapak yang kerap berjualan di bahu jalan sudah ditata kembali oleh Tim Integrasi Penataan Pasar Kota Cilegon yang dibentuk oleh Walikota Cilegon.

“Sudah ada yang mulai pindah menempati hanggar yang tersedia, tapi belum semuanya, kedepan semuanya harus menempati hanggar yang sudah disiapkan,” paparnya.

Menurut Abadiah, proses penataan pasar melibatkan tidak hanya dilakukan oleh Disprindag dan UPTD Pasar, tapi juga unsur lain seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup termasuk unsur Kodim 0623 Cilegon dan unsur Polres Cilegon.

Tim gabungan akan terus bekerja hingga Pasar Baru Kota Cilegon yang berlokasi di Kelurahan Sukmajaya Kecamatan Jombang ini benar-benar tertata sesuai dengan ketetapan serta perencanaan.

Abadiah mengaku telah membeberkan progres penataan Pasar Baru Kota Cilegon kepada legislatif khususnya Komisi IV DPRD Kota Cilegon, ia memastikan jika pelapak akan mendapatkan tempat di hanggar yang telah disiapkan.

“Sudah kita data bahkan para pelapak sudah membuat permohonan dan pernyataan secara tertulis, dan para pelapak ini sudah pula mendapat nomor tempat berdagang, sehingga jika pelapak ini sudah menempati tempatnya maka mereka akan berubah dari pedagang nonformal menjadi pedagang formal dan mendapat dokumen administrasi dari Disperindag,” tuturnya.

Pemkot Cilegon akan bersikap adil dan transparan dalam proses penataan pasar termasuk dalam penempatan pedagang.

Bayu Panatagama, sebagai koordinator tim berharap tumbuhnya kerjasama yang baik dan harmonis antara pelaku usaha perdagangan di Pasar Baru Kota Cilegon.

“Terimakasih pula kami sampaikan kepada OPD terkait dan Dandim 0623 Cilegon, Kapolres Cilegon serta Kepala Kejari Cilegon yang memberikan dukungan dalam pelaksanaan penataan Pasar Baru Kota Cilegon ini, semoga dalam pengendalian dan pengawasan akan terus berkelanjutan,” pungkas Sekretaris Diperindag Kota Cilegon Bayu Panatagama. (Bayu Mulyana)