Pelatda PON Bowling: Asah Akurasi & Teknik

Bowling Banten

SERANG – Pemusatan pelatihan daerah (Pelatda) PON bowling terus meningkatkan efisiensi latihan agar mampu tampil maksimal pada PON XIX Jawa Barat 2016. Saat ini enam atlet bowling PON Banten secara intens menjalani pelatda di WTC Matahari Grand Bowling Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Pelatih Bowling PON Banten James A Glenn mengatakan, tim pelatih telah merancang menu latihan selama bulan puasa dengan memanfaatkan lintasan WTC Bowling Center untuk mengasah akurasi dan teknik. “Selain itu kita juga tempa kemampuan atlet untuk bisa meningkatkan skill dan teknik bermain. Kami ingin seperti di Millenium Championship beberapa waktu lalu di mana atlet mampu menghasilkan poin yang bagus pada setiap game. Minimal poin mereka masuk di angka 190,” kata James, kemarin.

James menambahkan, keenam atlet juga mendapat latihan yang lebih khusus selama Ramadan untuk bisa meningkatkan potensi atau peluang menambah perolehan medali. “Kita maksimalkan latihan pemahaman karakter antar atlet untuk nomor double dan mix. Meski sudah ada kerangka timnya tapi kami terus mencari siapa pasangan atau tim yang paling pas untuk dua nomor tersebut. Setelah Lebaran kita sudah masuk pematangan pra kompetisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Bowling PON Banten Rovita Rombot menyatakan, selama Ramadan volume latihan berkurang yang sebelumnya digelar seminggu empat kali menjadi tiga kali saja. “Kami punya jadwal latihan sekali seminggu di Jaya Ancol Bowling Center, Jakarta Utara. Selama Ramadan kami hapus dan hanya fokus di Tangsel saja. Itu untuk menyiasati kondisi atlet yang tengah menjalani ibadah puasa. Tapi kami pastikan program pelatda yang sudah disusun tidak terganggu,” ucapnya.

Selain menyiasati kondisi atlet yang tengah berpuasa, pengurangan jadwal latihan juga bertujuan untuk penghematan anggaran. “Efisiensi dana ini nantinya akan digunakan untuk optimalisasi pelatda selepas Lebaran. Kami punya program latihan yang terkait dengan adaptasi venue PON di Siliwangi Bowling Center, Kota Bandung. Jadi anggaran tersebut akan kami gunakan untuk tryout ke Bandung,” tutupnya. (Andre AP/Radar Banten)