Pelatda PON Golf, Terus Matangkan Teknik Lewat Tryout

Golf Banten
Atlet golf Banten I Nyoman Pasek Jiwandana beraksi di Pra-PON beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Masih panjangnya persiapan menghadapi PON XIX 2016 di Jawa Barat membuat Pelatda PON cabor golf mengoptimalkan program latihan teknik di awal 2016. Latihan teknik selain untuk meningkatkan kemampuan memukul pegolf juga ditujukan juga agar kondisi daya tahan atlet tetap bertahan di level normal.

Dikemukakan Alga Topan, pelatih golf Banten, latihan teknik yang dijalani Taufik Hidayat dan kawan-kawan juga diiringi latihan game. Usai sesi latihan teknik, atlet mampu mempraktikan latihan yang diberikan secara langsung. “Dengan demikian, periodisasi latihan yang ada mulai dari teknik dan fisik didapat pegolf kita. Selain itu, kami juga membenahi kelemahan individu atlet pada Pra-PON lalu terlihat,” jelas Alga.

“Contoh di bagian putri, kita ingin ada konsistensi permainan yang bisa kita siasati dari teknik memukul,” tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang enam tahun belakangan menangani pegolf Banten ini mengatakan, untuk semakin mengasah kemampuan teknik atlet golf Banten, pihaknya selain menerjunkan sembilan penghuni pelatda PON ke berbagai turnamen golf, juga mengagendakan tryout atlet Banten ke calon venue golf. Menurut jadwal pada tahun 2016, kata Alga, pihak Pengprov PGI Banten menyusun enam sampai kali pegolf Banten untuk berlatih di lapangan golf Jatinangor dan Karawang.

Selain untuk adaptasi dengan tempat pertandingan, juga sebagai antisipasi venue pertandingan golf. Sejauh ini, lanjutnya, pihak PB PON XIX 2016 Jawa Barat belum menetapkan venue buat cabor golf. “Rumor yang beredar akan menggunakan lapangan di Jatinangor, tapi pihak PB PON menyatakan lapangan di sana tidak layak sehingga belum pasti digelar di sana. Selain di Jatinangor, hanya lapangan di Karawang yang memenuhi standar untuk event setingkat PON yang ada di Jawa Barat makanya kami lakukan tryout di dua tempat ini,” ucap Alga.

Dengan demikian, kata Alga, saat Jatinanor tidak ditunjuk sebagai venue mereka sudah punya pengalaman main di Karawang. “Ini pastinya bagian strategi dari Jawa Barat makanya semua kita antisipasi sebaik mungkin,” tambahnya. (RB/apw/air/dwi)