Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Teknologi Kependudukan (PITK) Disdukcapil Kota Serang Gema Advaita

SERANG – Sistem pendaftaran online untuk pembuatan dan perbaikan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang lambat diberlakukan. Disdukcapil masih menyempurnakan server yang dibutuhkan untuk menyimpan data tersebut.

“Rencananya memang awal tahun ini (2016), tapi karena ada sistem yang belum dibereskan kami menargetkan akhir bulan Januari,” ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Teknologi Kependudukan (PITK) Disdukcapil Kota Serang Gema Advaita kepada Radar Banten Online, Selasa (5/1/2016).
Gema mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyempurnakan website untuk pemberlakuan pendaftaran pembuatan dokumen kependudukan secara online.

“Masyarakat mungkin ada yang tidak sempat ke kantor Disdukcapil, mereka dapat mendaftar dari rumah dengan memanfaatkan koneksi internet. Di website itu muncul menu pendaftaran misalnya untuk pembuatan akta kelahiran di klik, kemudian muncul formulir pendaftarannya dan tinggal diisi,” kata Gema.
Gema mengatakan, pendaftaran secara online direncanakan berlaku untuk semua pembuatan dokumen kependudukan diantaranya akta kelahiran, kartu keluarga, perbaikan data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sementara untuk pembuatan e-KTP bagi yang belum melakukan perekaman data itu tetap harus datang ke kantor Disdukcapil.

“Kalau belum perekaman, warga harus tetap datang ke kantor. Perekaman dulu itu kan harus foto, sidik jari, iris mata, kecuali perubahan data baru bisa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Serang Ipiyanto mengakui bahwa mundurnya program pendaftaran data kependudukan melalui online, pihaknya sedang melakukan penyempurnaan program website dan jaringan internet. “Untuk lebih teknisnya tanya ke bidangnya,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)