Pelindo Lengkapi PPSA dengan Control Room

Ilustrasi

CIWANDAN – Indonesian Port Corporation (IPC) PT Pelindo II (Persero) Ciwandan masih terus melakukan pematangan fisik terkait dengan rencana pembangunan Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Jasa Kemaritiman. General Manager IPC PT Pelindo II (Persero) Banten Chiefy Adi mengatakan, hingga saat ini progres pembangunan PPSA sudah mencapai 80 persen. “Saat ini kami sedang membangunan control room (ruang kontrol), soalnya saya ingin PPSA ini dibangun secara komprehensif sekalian,” ujarnya kepada radarbanten.com melalui sambungan telepon, Jumat (30/10/2015).

Melalui fasilitas ruang kontrol itu, kata dia, performance fisik PPSA yang mengusung tema ‘dinamis, minimalis, modern dan ramah lingkungan’ itu dapat lebih ditingkatkan lagi. Di ruang itu pihaknya dapat memantau langsung aktivitas bongkar muat di seluruh kapal maupun dermaga melalui layar sentuh yang tersedia. “Jadi kita bisa mengetahui real time, kapal ini kapasitasnya berapa dan pemiliknya siapa, dan berapa muatan kapal yang sudah terbongkar. Tak hanya itu, di control room itu juga kita bisa memonitor seluruh CCTV yang terpasang di kawasan pelabuhan. Jadi bila ada kendaraan yang masuk tanpa pass, ataupun orang yang membuang sampah sembarangan, bisa langsung kita berikan teguran dari situ (ruang kontrol),” jelasnya.
Diberitakan sebelumnya, pembangunan PPSA itu bertujuan untuk mempermudah pelayanan jasa kemaritiman secara terintegrasi melalui satu atap. Bea Cukai, Imigrasi, Karantina maupun Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten turut ambil bagian dalam penyelenggaraan layananan yang akan dijadikan sebagai proyek percontohan di tanah air itu.

“Fungsional (PPSA) saja kadang tidak cukup, fungsional dan estetika pun juga belum cukup. Perlu tambahan soul dan message pada fungsional dan estitika agar cahaya positif dan kebaikan itu memancar ke seluruh nusantara dan penjuru dunia,” tandasnya. (Devi Krisna)