Pelunasan Ongkos Haji Reguler Dua Tahap

Machdum Bachtiar

SERANG – Tahun ini, kuota untuk jamaah calon haji (calhaj) Kota Serang ditetapkan sebanyak 847. Namun angka 847 itu pun diperkirakan akan mengalami kenaikan lagi karena ada mutasi dari calhaj kabupaten kota lain.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Serang Machdum Bachtiar mengatakan, data calhaj untuk Kota Serang itu telah disampaikan Kantor Wilayah Kemenag Banten melalui sistem komputerisasi haji (siskohat).

Machdum memperkirakan, jumlah penambahan kuota menjadi 879. Kata Machdum, penambahan jumlah calhaj asal Kota Serang itu merupakan keputusan terbaik. “Dengan  penambahan ini secara otomastis akan mengurangi antrean panjang calhaj. Kini hanya 15 tahun,” ujarnya kepada Radar Banten, kemarin.

Sebelumnya, kata Machdum, calhaj asal Kota Serang harus menunggu antrean panjang selama 20 tahun. Kemudian, setelah ditetapkannya kuota dan dibagi menurut porsi keberangkatan maka antrean pendaftaran calhaj Kota Serang menjadi lebih pendek yaitu 15 tahun.

Kata Machdum, tahun ini ongkos haji sebesar Rp34.890.000. “Jadwal pelunasan ongkos haji reguler dua tahap. Tahap pertama mulai 10 April sampai 5 Mei, sedangkan tahap dua 22 Mei hingga 2 Juni,” tegasnya.

Setelah tahap kedua akan dilakukan pengisian kuota oleh jamaah haji cadangan yang telah melunasi. “Calhaj yang berhak melunasi pada tahap pertama adalah calhaj lunas stunda tahun lalu, calhaj dengan nomor porsi yang masuk kuota tahun ini berusia 18 tahun ke atas dengan status belum haji,” tegasnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Serang Kokom Komariah menambahkan, jumlah 879 merupakan jumlah estimasi. Kokom berharap, calhaj yang dapat berangkat tahun ini dapat menyiapkan diri dengan baik. Salah satunya menjaga kesehatan. (A Lutfi/Radar Banten)