Pemagaran dan Penghijauan di RT 09

CURUG – Pemagaran dan penghijauan di RT 09 RW 02, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug, belum rampung. Warga RT di Lingkungan Kerasikan Calung ini masih berusaha menyelesaikannya di tengah larangan berkumpul untuk memutus rantai penyebarangan covid-19.

Saat ini, pemagaran jalan belum semua terelasasi sesuai perencanaan. Ketua RT 09 Panto memperkirakan, baru 90 persen. “Pemagaran sudah sekitar 90 persen. Kalau pemagaran selesai, warga akan melanjutkan dengan pengecatan. Sekarang, warga difokuskan melakukan penghijauan halaman rumah masing-masing,” katanya pada Selasa (28/4).

Penghijauan RT 09 melalui halama rumah warganya tidak hanya dilakukan dengan menanam bunga. Menurut Panto, tanaman obat seperti kunyit dan jahe juga akan ditanam. Halaman rumah warga dimanfaatkan untuk apotek hidup. “Tanaman sayuran seperti tomat dan cabai juga menjadi pilihan warga,” tambahnya.

Sementara, Ketua Pemuda RT 09 Payumi menyatakan bahwa pemuda ikut berperan menata lingkungannya. Pemuda di RT ini tidak hanya ikut membantu warga saat membuat dan memasang pagar di pinggir jalan. Namun, menjadi motor penggerak warga.

“Kami (pemuda-red) terjun langsung membantu warga. Dari penebangan pohon bambu, pembutan pagar, hingga pemasangan. Tapi, sekarang kan lagi disetop,” ujarnya. “Kami nanti akan turun lagi untuk melakukan penataan kalau sudah dibolehin melanjutkan penataan,” pungkas Payumi. (rio/don)