Pemagaran dan Toga di Jalanan Cipecung Mesjid

0
906 views

CURUG – Jalan-jalan di permukiman RT 02 RW 02, Lingkungan Cipecung Mesjid, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, bakal dirapihkan dengan pagar. Di sepanjang jalan sekira 400 meter ini, juga akan dihijaukan warga dengan bunga dan tanaman obat keluarga (toga).

Ketua RT 02 RW 02, Lingkungan Cipecung Masjid, Darwis mengatakan, pemagaran jalan akan menggunakan bambu dari kebun milik warga. “Alhamdulillah, warga kami punya banyak pohon bambu,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (18/3).

Pagar bambu akan dicat agar jalan semakin rapi dan menarik. Pemagaran ini membuat Darwis optimistis, lingkungannya pun akan lebih indah. Terlebih, jalan di lingkungannya sudah diaspal. “Kita usahakan supaya kelihatan rapi,” katanya.

Soal penanaman bunga dan toga di pinggir jalan, Darwis mengakui, mengadopsi konsep penataan di RT 02 RW 06, Lingkungan Kembang, Kelurahan Curug. “Enggak jauh beda sama yang di Kembang. Tapi, kita upayakan Cipecung Mesjid bisa lebih baik,” ujarnya.

Diakui Darwis, warga baru bergotong royong pada Jumat (13/3) lalu. Warga mengawalinya dengan membersihkan sampah di pekarangan rumah masing-masing. Setelah itu, dilanjutkan pemagaran jalan pada Jumat (20/3) pekan ini. “Kalau pagar sudah beres, baru deh kita cat dan pasang tanaman,” katanya.

Cipecung Mesjid yang dihuni oleh 400 jiwa dari 107 kepala keluarga (KK) ini, menurut Darwis , memiliki potensi besar menjadi lingkungan berbunga. Soalnya, lingkungannya masih asri dan tanahnya yang subur. “Selama ini, warga belum memanfaatkan saja, jadi belum ada tanaman bunga yang terlihat di jalan,” katanya.

Soal pengamanan lingkungan, Darwis mengakui jika tidak berjalan. Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Cipecung Masjid tidak berjalan. Dia pos ronda di lingkungan ini tidak berfungsi semestinya. “Nanti kita aktifkan lagi,” janji Darwis.

Hal senada disampaikan Lurah Curug Suadah. Menurutnya, dengan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, potensi di Cipecung Mesjid bisa tergali. “Warga juga pasti semangat. Kesadaran pola hidup bersih dan aman akan tumbuh,” pungkasnya. (mg06/don)