Pemagaran di RT 06 Lialang Tengah Diperluas

0
874 views

TAKTAKAN – Semua sudut kampung bakal ditata. Dibenahi. Kini, warga RT 06 RW 05, Lingkungan Lialang Tengah, Kelurahan Lialang, Kecamatan Taktakan, tengah menggarap bagian dalam kampungnya. Pemagaran jalan akan dibuat hingga bagian belakang wilayah RT ini.

Ketua RT 06 Mukhlas menjelaskan, penataan lanjutan ini dilakukan setelah pihaknya mendapat teguran dari tim juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 saat penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei lalu. Sebab, waktu itu, warga hanya menata bagian depan kampungnya saja.

“Makanya, ini kita bikin pager,” kata Mukhlas kepada Radar Banten, Jumat (17/7).

Dilihat dari pinggir jalan di bagian depan kampung, RT 06 memang tampak rapi. Pagar bambu dan gapura mini, juga dari bambu, dicat warna-warni. Tempat cuci tangan dan tempat sampah pun tersedia di sini.

Namun, saat melihat bagian dalam kampung, kondisinya masih polos. Tak ada penataan. “Nanti, pagarnya kita cat juga kayak di depan,” ujar Mukhlas.

Mukhlas mengakui jika penghijauan di RT-nya masih minim. Kebun vertikal dan tanaman di dalam puluhan pot tanaman saat penilaian tahap pertama, sudah layu. Bahkan, sebagaian besar tanaman mati.

“Pada enggak keurus karena warga kan diminta diam di rumah dan dilarang beraktivitas apa pun selama Covid-19,” ujar Mukhlas beralasan.

Namun, kemarin, warga RT 06 aktif kembali menata kampungnya. Penilaian tahap kedua tinggal menghitung hari.

Setelah pemagaran selesai, warga berencana membeli pohon hias untuk penghijauan. “Saya ajak warga untuk iuran, biar dananya cukup buat beli tanaman yang banyak,” harap Mukhlas.

Ketua RW 05 Chumaedi menambahkan, pihaknya juga bakal mengajak warga untuk membersihkan selokan di pinggir jalan. “Masih terlihat sampah plastik, jadi bikin mampet,” tukasnya. (mg06/don)