Pemanfaatan Ban Bekas di RT 01 Kamalaka

0
938 views

TAKTAKAN – Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 bukan cuma soal kebersihan dan keamanan lingkungan. Tetapi juga kreativitas warganya. Di RT 01 RW 05, Lingkungan Kamalaka, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, menunjukkan hal itu. Pemudanya berkreasi memanfaatkan ban bekas untuk pot tanaman.

Ban-ban mobil bekas dibeli warga dengan harga murah dari pemilik bengkel di sekitar Lingkungan Kamalaka. Barang bekas itu kemudian dibersihkan. Dipotong-potong, lalu dibentuk pot tanaman. Kemudian, dicat warna-warni.

Ketua RT 01 Jahyadi mengaku sangat percaya diri, RT-nya bisa juara LRLA. Dasarnya, pada penilaian tahap pertama, tim juri disebutkan banyak memberikan tanggapan positif atas penataan lingkungan RT 01.

“Sekarang kita bakal perbanyak penghijauan dengan pot dari ban bekas,” kata Jahyadi kepada Radar Banten, Kamis (18/6).

Ada sekira 50 pot dari ban bekas yang akan dipasang di pinggir sepanjang jalan kampung. Tanaman yang digunakan ada beberapa jenis. Mulai pohon pucuk merah, tomat, terong, cabai, hingga beberapa jenis tanaman bunga. “Kita juga rencana pengen nanam pohon anggur,” tambah Jahyadi.

Kepercayaan Jahyadi bahwa RT-nya bisa menjadi juara, juga karena beberapa kriteria lomba telah dipenuhi. Yakni, alat kemanan pos ronda, legalitas pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan, serta dokumentasi foto kegiatan warga bergotong royong. “Kita juga sudah ada pemagaran,” ujar Jahyadi.

Lurah Panggungjati H Jaenuri mengaku bangga pada kekompakan pemuda RT 01. Ia pun berjanji, akan berupaya maksimal membantu warga untuk mengubah RT 01 menjadi lingkungan yang lebih baik.

“Ajang lomba ini bikin warga semangat gotong royong,” tandasnya.

Jaenuri berencana, saat penilaian lomba tahap kedua pada Agustus nanti, akan memberikan sambutan meriah untuk juri dengan penampilan grup kasidah dan rampak bedug khas Kamalaka.

“Kita bikin sambutan yang semarak biar juri senang,” ucap Jaenuri. (mg06/don)