Pemanfaatan Halaman Rumah di RT 02 Jagarayu Belum Optimal

0
373 views

CIPOCOK JAYA – Penataan RT 02 RW 03, Lingkungan Jagarayu, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya, memang meningkat. Namun, belum bisa memenuhi ekspektasi Tim 4 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. 

Lurah Gelam Aris Arizal bersama staf dan warganya menyambut langsung kedatangan tim juri di RT 02, kemarin (7/9). Tidak ada acara penyambutan khusus, tapi antusiasme warga RT ini cukup bagus. Mereka berusaha memenuhi kriteria penilaian untuk kategori partisipasi masyarakat terbaik.

Dilihat sekilas, peningkatan penataan lingkungan RT ini terlihat dari hasil dekorasinya. Hiasan di kampung ini lebih banyak dibandingkan saat juri datang untuk penilaian tahap pertama, awal Mei 2020. Ruang terbuka hijau juga telah dibangun warga.

“Ada peningkatan di lingkungan ini, tapi belum memenuhi espektasi kami karena cuma sedikit. Secara umum, lingkungan ini memang sudah termasuk bersih,” kata Yani Karliani, juri perwakilan dari TP PKK Kota Serang.

“Sejak awal memang penataan di lingkungan ini sudah bagus, karena sudah mengikuti Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Banten beberapa waktu lalu. Jadi kekompakannya sudah terbentuk. Kelebihannya memang antusiasme masyarakatnya bagus, mau bergotong royong menata lingkungannya hingga menjadi seperti sekarang. Yang perlu ditingkatkan lagi di sini adalah pemanfaatan lahan pekarangan di setiap rumah, karena masih banyak ditemukan lahan pekarangan rumah yang kosong,” tutur Yani.

Pos ronda RT 02 juga dinilai cukup representatif. Namun, peralatannya belum lengkap. Padahal, kegiatan siskamling di RT ini berjalan dengan baik.

“Tidak cuma kentongan dan jadwal ronda saja. Alat pemadam api ringan, senter, borgol, dan lainnya juga harus ada di pos ronda,” ujar Aipda Agus Hadiyanto, juri perwakilan dari Polres Serang Kota. (rio/don)