Pemanfaatan Lahan Pekarangan di RT 05 Ciwiru Jungklang Masih Kurang

0
364 views

WALANTAKA – Pemanfaatan lahan pekarangan rumah dinilai kurang optimal. Padahal, penghijauan yang dilakukan warga meningkat.

Setidaknya, hal itu yang menjadi sorotan Tim 3 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 saat menilai RT 05 RW 02, Lingkungan Ciwiru Jungklang, Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka, Rabu (9/9). Kendati kampung ini mendapat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), warganya tetap membenahi kampungnya agar sesuai kriteria penilaian LRLA. Yang paling mencolok adalah penghijauannya. Warga telah membuat ruang terbuka hijau (RTH). Tanamannya jenis sayur seperti cabai dan terong.

Di RTH ini, juri perwakilan dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Serang Ade Jumaiah sempat memanen cabai dan tering. Ia ikut memanen bersama warga RT 05 dan kader Posyandu Kelurahan Cigoong.

“Di sini (RT 05-red) sudah banyak perubahannya. Ketika penilaian pertama lalu, di sini masih zonk. Tapi sekarang sudah bagus. Antusiasme warga bersama pemuda dalam menata lingkungannya patut diapresiasi. Hanya saja, rumah-rumah di sana halamannya luas-luas. Seharusnya bisa lebih dihijaukan lagi lingkungannya,” ujar Ade Jumaiah.

Istri dari Walikota Serang itu berharap, warga RT 05 bisa meningkatkan penghijauan di kampungnya. Caranya, dengan memanfaatkan pekarangan rumah mereka menjadi kebun sayur atau tanaman lain.

“Kan bisa ditanami sayur atau apotek hidup, biar pekarangannya tidak kosong,” tambah Ade Jumaiah.

Sementara, peralatan di pos ronda RT 05 masih belum lengkap. Menurut juri Iptu Bingonilah, kekurangannya adalah buku mutasi.

“Buku itu perlu ada di pos ronda, supaya kita tahu bahwa ronda betul berjalan dan ada kegiatannya. Bukan sekedar buku mutasi saja,” jelas juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu. (rio/don)