Pemotongan pita tanda persemian pembangunan 10 jembatan gantung di Lebak.

LEBAK – Menteri Koordinator Bidang Pembangungan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meresmikan 10 jembatan gantung yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kabupaten Lebak, Rabu (17/2/2016). Acara peresmian dilakukan di Kolelet Wetan, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan 10 jembatan gantung menggunakan dana dari APBN senilai Rp45,640 miliar. Jembatan itu berada di Kolelet Wetan, Ranca Wiru, Leuwi Loa, Cisimeut, Cigeulis, Cidikit, Cicariu, Bojong Apus, Cihambali, dan Cidadab.

“Pembangunan ini merupakan bentuk nyata dari Program Nawacita Presiden Joko Widodo. Negara hadir untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Mewujudkan sarana dan prasarana yang selama ini dibutuhkan masyarakat,” ujarnya saat peresmian.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik … Puan Maharani meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga jembatan yang ada guna kemaslahatan dan kepentingan bersama. “Sudah ada tinggal dijaga. Jangan dicuri baut-bautnya. Pokoknya harus dijaga,” kata Puan kepada masyarakat.

Puan menambahkan, 10 jembatan ini belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Bahkan menurut Gubernur Rano Karno, Banten masih membutuhkan sekira 38 jembatan gantung. Puan sendiri mengaku akan mengupayakan pembangunannya.

“Pembangunan perlu serta peran pemerintah daerah, baik kabupaten kota maupun provinsi. Tidak bisa semuanya diserahkan pada pemerintah pusat,” katanya. (Bayu)