Pembangunan Bandara Bansel Dimulai Tahun Depan

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Revri Aroes.

SERANG – Pembangunan Bandara Banten Selatan (Bansel) di Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang akan dimulai pada tahun 2018 mendatang. Untuk sementara, pembangunan bandara tersebut akan dilakukan di atas lahan seluas 128 hektar.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Revri Aroes mengungkapkan, pembangunan tersebut sudah dipastikan oleh Menteri Perhubungan.

“Bandara sudah pasti. Saya belum tahu bulannya apa, tapi sesuai pernyataan menteri, 2018 sudah bisa dibangun landasan pacu,” ujar Revri, Selasa (11/4).

Dikatakan Revri, lahan yang akan digunakan untuk salah satu proyek strategis nasional di Provinsi Banten tersebut adalah milik Perhutani. Awalnya, tanah yang diusulkan seluas 500 hektar, namun hanya 128 hektar yang disetujui Perhutani.

“Nanti ke depan jika diperlukan akan diperluas lagi, punya negara ini kan,” ungkap Revri.

Tahun ini, dengan digesernya lokasi pembangunan bandara tersebut dari Kecamatan Panimbang ke Sobang, Pemkab Pandeglang sedang melakukan perubahan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pandeglang.

Sedangkan Pemprov Banten, dalam hal ini Dishub, menyusun revisi penetapan lokasi (Penlok) dan studi kelayakan lokasi. “Tahun ini selesai,” katanya.

Ditanya terkait anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan bandara, Revri mengaku belum mengetahuinya. Menurutnya anggaran tersebut belum dibahas. “Tapi kalau untuk lahan sudah selesai,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)