Pembangunan Infrastruktur Masih Prioritas Kecamatan Jombang

0
484 views
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) dan Musrenbang Kecamatan Jombang.

CILEGON – Tahun ini pembangunan infrastruktur di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, masih jadi prioritas. Hal tersebut sesuai usulan yang muncul pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) dan Musrenbang Kecamatan Jombang.

Camat Jombang Agus Ariyadi menjelaskan, program masih terfokus terhadap pembenahan infrastruktur agar merata di seluruh kelurahan “Di luar infrastruktur, kita akan melakukan pembinaan dan pelatihan kepemudaan supaya nanti SDM-nya berdaya saing,” ujar Agus usai pembukaan musrenbang kecamatan, Rabu (6/2).

Ia melanjutkan, di tahun anggaran 2018 sejumlah infrastruktur yang telah dibangun di sejumlah kelurahan adalah pemasangan paving block, tembok penahan tanah (TPT), serta fasilitas kesehatan seperti posyandu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon Ati Marliati menjelaskan, pemerataan pembangunan sudah diupayakan oleh pemerintah melalui program Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel). “Ini langkah strategis dari pemerintah kota agar pembangunan bisa merata ke tingkat kelurahan karena tidak bisa dijamah oleh dinas tertentu baik karena SDM maupun lainnya,” ujarnya.

Selain dari DPWKel, lanjut dia, kelurahan di Kota Cilegon pun mendapatkan bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat sebesar Rp15 miliar. Dengan 43 kelurahan, kemungkinan setiap kelurahan bisa mendapatkan anggaran Rp300 juta hingga Rp350 juta. (Bayu Mulyana/Aas)