Kepala Desa Cihuni Mad Nasir memantau aktivitas aparatur desanya.

TANGERANG – Desa Cihuni termasuk desa semi perkotaan di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Pemerintahan desa di kawasan perkembangan metropolitan ini pun fokus dalam pembangunan infrastruktur jalan karena memperlancar akses masyarakat beraktivitas.

Kepala Desa Cihuni Mad Nasir mengaku telah membangun jalan dengan paving block dan hotmiks. Serta melaksanakan kegiatan penutupan saluran air sistem terbuka di desanya.

”Alhamdulillah, kami sudah membangun infrastruktur dari tahun 2017-2018. Sudah ada 22 titik tersebar di dua kampung. Yakni, Kampung Cihuni dan Cigaten. Pembangunan dengan paving block dan hotmiks secara merata, sedangkan udit (penutupan saluran air sistem terbuka-red) rata-rata berkisar 70-100 meter,” jelas Mad Nasir.

Drainase juga menjadi perhatian Pemerintah Desa Cihuni. Pemerintah desa menggiatkan gotong royong di masyarakat untuk membersihkan saluran pembuangan air di tiap kampung. ”Gotong royong ini melibatkan masayarakat sekitar. Meski tidak terjadwal, pasti akan dilakukan, baik satu minggu sekali atau bahkan satu bulan sekali. Tujuannya kan untuk mempererat silaturahim antar warga dan merawat kebersihan lingkungan bersama,” tutur kepala desa yang baru menjabat dua tahun itu.

Sebagai desa berkembang, Desa Cihuni berpenduduk 5.941 jiwa, dengan laki-laki 3.055 jiwa dan perempuan 2.886 jiwa. Penduduk desa ini tersebar di enam rukun warga (RW), 21 rukun tetangga (RT), dan dua dusun. Profesinya, mayoritas karyawan swasta. Kemudian, pedagang warung rumahan dan pengusaha kontrakan atau kost-kostan. Desa Cihuni merupakan pemekaran dari Desa Curug Sanggereng pada 1985. Luas wilayahnya 4.606 hektare.

Desa ini berada di ujung Timur Kabupaten Tangerang, yang berbatasan dengan Kelurahan Pondokjagung, Kota Tangerang Selatan. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Pakulonan Barat, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Curugsanggereng dan Medang, sedangkan sebelah Utara berbatasan dengan Desa Lengkong Kulon.

Tentang pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Cihuni membuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. ”Semoga, masyarakat Desa Cihuni semakin kompak dalam gotong royong untuk membangun desa yang gemilang,” tutup Mad Nasir. (pem/rb/sub)