Pembangunan Pos Ronda dan Gapura Rampung

0
543 views

KASEMEN – Dua tahap penataan lingkungan di RT 024 RW 005, Kelurahan Warungjaud, Kecamatan Kasemen, telah rampung. Yakni, pembangunan pos ronda dan gapura. 

“Kita sudah selesai membangun pos ronda. Walau sederhana, diharapkan bermanfaat untuk warga. Selama ini, kami belum punya pos ronda. Tapi kalau lingkungan mah alhamdulillah aman,” tandas Ketua RW 005 Fuaduddin, Jumat (24) lalu.

Lelaki yang lebih akrab disapai Fuad ini mengaku, penataan lingkungan RT di Lingkungan Warungpasar ini telah dilakukan warga setelah Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 di-launching, Februari lalu. Siang dan malam hari, pengurus RT dan warga bergotong royong.

”Sejak (LRLA-red) di-launching, kita langsung mulai menata. Pos ronda dan gapura yang dibangun pertama,” jelas Fuad.

Salah satu tokoh masyarakat RT 024, Kurtubi, membenarkan jika warga mengawali kegiatannya dengan mengutamakan pembangunan pos ronda dan gapura. “Kan gapura sebagai identitas wilayah, sedangkan pos ronda untuk menjaga keamanan lingkungan, Jadi diutamakan.” tegasnya.

Jadwal ronda malam, menurut Kurtubi, akan segera dibuat. Tentunya, berdasarkan kesepakatan warga. Sehingga, kegiatan ronda malam berjalan efektif. 

“Saya akan segera mengumpulkan ketua RT untuk mulai ngebahas teknis jadwal ronda malam,” ujarnya.

Warga RT 024, lanjut Fuad, telah berencana melakukan penghijauan. Yakni, dengan membuat taman bunga dan menghijaukan pekarangan rumah warga.

“Untuk warga, tanamannya bebas. Mau nanam bunga, silahkan. Mau nanam sayuran juga enggak apa-apa,” jelasnya. (rio/don)