Pembangunan RTH di RT 04 Bhayangkara Dikebut

SERANG – Pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) tengah dilakukan warga RT 04 RW 08, Lingkungan Bhayangkara, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang. Warga juga akan memfungsikannya sebagai taman bermain anak.

Perkampungan padat penduduk ini terlihat bersih. Tak terlihat ada sampah plastik di jalan. Tong sampah dan pot tanaman sudah tersedia di sepanjang jalan. Di bagian belakang kampung, warga sedang gotong royong membuat RTH.

Ketua RT 04 Amin Solihin mengatakan, pembangunan RTH merupakan rencana dadakan. Soalnya, dana stimulan dari Pemkot Serang sudah habis.

”Pas rapat evaluasi, kita baru sadar kalau belum punya RTH,” kata Amin kepada Radar Banten, Selasa (11/8).

Makanya, pembangunan RTH disetujui. Warga RT ini akan mewujudkannya di lahan tak terpakai milik warga seluas 150 meter persegi.

Saat ini, masih tahap awal. Warga baru membersihkan rumput dan memasang hiasan dari ban mobil bekas. Warga akan menanam tanaman jenis sayur dan bunga.

”Nanti kita sediakan space buat taman bermain anak juga,” jelas Amin.

Warga menargetkan pembangunan RTH rampung pada pekan depan, sebelum penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 dimulai pada akhir Agustus ini. ”Kita, kekurangannya tinggal RTH dan tanaman bunga,” ungkap Amin.

Pemuda RT 04 Andri Saputra mengaku siap mengerahkan teman-temannya untuk gotong royong. ”Yang paling rame (gotong royong-red) itu sore. Soalnya yang sudah kerja baru pada pulang,” ujarnya.

Andri optimistis, RT-nya bisa menjadi juara LRLA 2020. ”Yakin, pasti juara,” tegasnya. (mg06/don)