Pembangunan Tol Serang-Panimbang Tak Sesuai Target

0
785 views
Pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang di Kampung Cisait, Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Foto; Dok. Radar Banten

SERANG – Pembangunan jalan tol Serang-Panimbamg oleh PT Wika Serang-Panimbang (WSP) tidak sesuai target.

Manager Operasional PT WSP Muhamad Ali mengungkapkan, hingga Juli 2019 pembangunan jalan tol Serang-Panimbang Seksi I (Serang-Rangkasbitung) sepanjang 26,5 kilometer, baru mencapai 66,64 persen. Padahal targetnya 90 persen sehingga pada November 2019 sudah rampung. “Ada terlambatan lantaran terkendala faktor alam. Target pun meleset untuk kontruksi jalan tol seksi I,” kata Ali saat memberikan keterangan pers di Kantor PTS WSP, Pakupatan, Kota Serang, Rabu (7/8).

Ali melanjutkan, kendala pembangunan kontruksi antara lain musim hujan pada Januari-Juni 2019 dan ada beberapa kontur tanah yang kurang baik. “Harusnya pengerjaan kontruksi dimulai pada awal 2019, namun karena musim penghujan baru dimulai Juli,” ungkapnya.

Dengan adanya keterlambatan di seksi I, Ali mengaku telah memperbarui target. “Kami telah membuat target baru, pengerjaan kontruksi seksi I harus rampung April 2020 dan bisa beroperasi pada Juli 2020,” jelasnya.


Untuk Seksi II dan III, lanjut Ali, akan dimulai Juli 2020 dan ditargetkan rampung Juli 2022. “Untuk Seksi II dan III, saat ini masih proses pembebasan lahan,” tegas Ali.


Berdasarkan target sebelumnya, PT WSP menjadwalkan pembangunan kontruksi Seksi I sepanjang 26,5 KM rampung pada November 2019. Kemudian Seksi II sepanjang 24,1 KM (Rangkasbitung-Cileles) rampung pada Oktober 2020, dan Seksi III Cileles-Bojong sepanjang 8,6 KM dan Bojong-Panimbang sepanjang 24,4 KM) rampung pada Oktober 2021. (Deni S)