Pembangunan Waduk Karian Ditarget Selesai 2019

0
962 views
Gubernur Banten Wahidin Halim saat meninjau lokasi Waduk Karian, Kamis (3/8/2017).

LEBAK – Proyek pembangunan fisik Waduk Karian ditarget selesai pada tahun 2019. Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Tris Raditian saat mendampingi Gubernur Banten Wahidin Halim mengunjungi lokasi Waduk di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Kamis (3/8).

Tris Raditian mengatakan, proyek pengerjaan Waduk Karian ini di mulai tahun 2015 dan harus selesai di tahun 2019 sehingga dapat digunakan untuk menyuplai kebutuhan air seperti lahan pertanian, irigasi dan menyuplai air ke kota-kota besar diantaranya Kabupaten Lebak, Tangerang, Jakarta, Bogor dan Lainnya.

“Kita akan kebut pembangunan waduk karian ini, sehingga dapat digunakan di tahun 2019. Selain itu, waduk ini bisa menyuplai air bersih atau air yang dapat diminum setelah di proses dari berbagai tahap oleh pihak terkait,” ujarnya.

Tris menambahkan, pembebasan lahan untuk Waduk Karian baru mencapai 46 persen. Itu disebabkan masih banyak kendala seperti dari anggaran, pihak masyarakat yang belum setuju dan lain sebagainya.

“Kita masih akan proses pembebasan lahan sampai 100 persen, ini harus segera di selesaikan. Jika tidak ini akan menghambat pengerjaan Waduk Karian. Karena Waduk ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat, bahkan dapat menambah PAD Kabupaten Lebak.

Terpisah, Gubernur Banten Wahidin Halim melihat pembangunan waduk tersebut sudah cukup cepat. “Dari tahun 2015 sampai saat ini sudah sekitar 36,5 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, pembebasan lahan pertanian harus dibarengi dengan upaya relokasi lahan pertanian tersebut.

“Masyarakat yang terkena pembebasan lahan juga harus di perhatikan agar tidak merasa dirugikan, kita akan carikan solusinya, karena mata pencaharian mereka hanya bertani,” kata Bupati perempuan pertama di Lebak ini. (Omat/twokhe@gmail.com)