Pembayaran Jaspel RSUD Banten Telat Tujuh Bulan

RSUD Banten

SERANG – Pembayaran honor jasa pelayanan (jaspel) ratusan pegawai RSUD Banten sempat telat tujuh bulan. Akhir pekan lalu, pihak RSUD Banten sudah membayarkan dua bulan jaspel mereka.

Direktur RSUD Banten dr Danang Hamzah Nugroho mengaku, pembayaran jaspel harus dihitung terlebih dulu. “Karena harus dihitung berdasarkan pasien yang dilayani,” ujar Danang, akhir pekan lalu.

Danang mengatakan, pembayaran honor jaspel harus dihitung dengan cermat. Namun, keterlambatan yang ia ketahui hanya dua bulan. “Saya kan baru bertugas di sini (RSUD Banten-red) dua bulan. Kalau yang lima bulan saya kurang tahu. Tapi, kami akan bayarkan. Kami hanya perlu menghitung dengan cermat karena ada rumusnya,” tutur mantan direktur RSUD Malingping itu.

Kata dia, pembayaran honor jaspel harus transparan dan akuntabel. Untuk itu, sebelum dibayarkan, pihaknya juga menggelar rapat terlebih dahulu. Ia mengatakan, anggaran untuk pembayaran jaspel sudah tersedia. Dana yang dialokasikan, yakni 44 persen dari pendapatan RSUD sebesar Rp60 miliar. Agar tidak lagi ada keterlambatan, pihaknya akan menerapkan remunerasi. “Kami akan coba remunerasi, bukan jaspel lagi. Jadi, bukan hitung pasien tapi kinerja,” ujarnya.

Danang mengatakan, hal itu kemungkinan akan diterapkan tahun depan dengan harapan pembayaran akan lebih lancar. “Mudah-mudahan dengan begitu tidak ada lagi keterlambatan karena tidak harus menghitung pasien dulu, tapi kinerja,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan menyesalkan adanya keterlambatan pembayaran jaspel para pegawai RSUD Banten. Meskipun sudah terbayarkan, tetapi keterlambatan itu harus menjadi catatan penting agar tidak terulang kembali.

Ia juga mempertanyakan Pemprov Banten yang masih menggunakan sistem manual untuk menghitung jaspel sehingga terjadi keterlambatan. Padahal apabila ada sistem aplikasi tertentu, besaran jaspel dapat dihitung otomatis. “Kami mendorong agar pembayaran jaspel itu dapat dihitung otomatis sehingga cepat dan bisa dibayarkan tepat waktu setiap bulannya,” terang Fitron. (nna/alt/ira)