Pembebasan Lahan Tol Serang-Panimbang Telan Dana Rp 1 T

0
1.708 views
Serang Panimbang
Dok: bappeda.bantenprov.go.id

SERANG – Pembebasan lahan untuk tol Serang-Panimbang sepanjang 84 kilometer diperhitungkan akan menelan dana sebesar Rp 1 triliun. Pembangunan salah satu proyek nasional tersebut sendiri mulai digenjot tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina menjelaskan, pembebasan serta pembangunan fisik tol akan dilakukan tahun ini.

Untuk awal pembebasan lahan akan dilakukan untuk lahan 10 kilometer pertama jalan tersebut. Anggaran yang disiapkan untuk membebaskan lahan tersebut sebesar Rp 270 miliar. “Itu pun dana talangan PT Wika (perusahaan pemenang tender proyek tol Serang-Panimbang),” ujar Hudaya setelah rapat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra Asda II Provinsi Banten di aula Bappeda Provinsi Banten, Kamis (6/7).

Menurut Hudaya, dana tersebut sudah siap, hanya saja belum bisa digunakan karena inventarisasi lahan yang dilewati jalur tersebut belum selesai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Serang. “Ini yang menarik, bulan Juli dana sudah siap, yang bingung duit ada belanja susah,” ujar Hudaya.

Inventarisasi dan identifikasi perlu dilakukan sebagai acuan tim appraisal dalam menetapkan harga lahan tersebut. Karena proses tersebut belum dilakukan, harga per meter tanah belum bisa ditetapkan. “Sudah disepakati dengan pemerintah kabupaten, dua minggu ke depan inventarisasi sudah selesai,” ujarnya.

Sebelumnya Hudaya menjelaskan, peletakan batu pertama atau groundbreaking akan dilakukan di minggu keempat Oktober 2017 mendatang. Rencananya Presiden Joko Widodo akan menghadiri agenda tersebut. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)