Setelah menjalani proses audisi pada Sabtu (16/3), tahapan pemilihan Zetizen Icon Radar Banten 2019 pada Sabtu (23/3) ini memasuki tahap pembekalan. Sebanyak 24 finalis terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan mengikuti acara bertajuk Meet The Tutor part 1 yang digelar di lantai V Graha Pena Radar Banten ini. 

Materi yang diberikan meliputi, Creativepreneur dari Luthfi owner Kasuka kaos, Philantrophy dari Sophik Emeraldi Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Cilegon, Modeling and Pose dariAyu Nurintan dan Tomi Owner Scarlet Photography Studio, Digital Startup dari Setiawan Chogah Co Founder Rintisan Startup, dan merawat kesehatan kulit dari Dr Lenny Suryani Owner Klinik Amal Sehat 2.

Dengan adanya kegiatan ini, finalis bisa mengetahui gambaran kegiatan yang akan dilakukan oleh para Icon selama 1 tahun ke depan berkontribusi di Zetizen Radar Banten. Zetizen Icon sebagai duta literasi dan aksi positif remaja  diharapkan dapat meberi pengaruh positif untuk generasi Z.

“Tadi saya menyampaikan bagaimana caranya punya daya saing bagi remaja dalam creativepreneur,” tutur Lutfi, owner Kasuka.

Sementara Sophiks menjelaskan tentang aksi sosial. “Karena ini eranya generasi Z, berbagi itu bisa dengan klik jaripun. Atau memberikan rekomendasi kepada kami tentang kondisi di Banten,” jelas Sophiks.

Melalui pembekalan ini, Raya Kurniawan, finalis Zetizen Icon Radar Banten 2019 bilang, mendapatkan banyak pembelajaran. “Meskipun ini hari Sabtu dan tetap mendengarkan materi, tapi ini berbeda dari materi yang sekolah dan saya mendapatkan banyak hal baru,” tutu siswa SMAN 2 Kota Serang ini.

Sampai di tahap pembekalan 24 finalis, Shafa Andni merasa bersyukur. “Karena untuk ke tahap ini kan gak gampang, harus melalui audisi yang diikuti 180 orang,” tutur siswi SMAN 1 Ciruas ini.

Pembekalan bertajuk Meet the Tutor Part 2 berlanjut pada Minggu (24/3). Materi yang diberikan kepada para finalis adalah cara membuat berita oleh tim Zetizen Radar Banten Dyah Tribuwana, presenting oleh Qonita Qoni presenter Banten Raya TV, dan menulis fiksi oleh Hilal Ahmad, Redaktur Zetizen Radar Banten.

Setelah zuhur pukul 13.00 WIB dilanjut penjurian menyaring Top 10 finalis. Pada Meet the Judges Part 2 ini menghadirkan juri Susi Kurniawati wartawati Radar Banten pemilik D Banten Cloth, Sophiks Emeraldi Pimpinan Dompet Dhuafa Unit Cilegon pemilik Emerald Bag, Tubagus Asep Pramudya pemilik Balada Batik Banten, Gilang Ramadhan fonuder Rintisan Start Up, dan Setiawan Chogah founder Dezain.in yang juga co-Founder Rintisan Start Up Digital. (dyah-zetizen/zee)