Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengcek tas salah seorang calon jemaah haji di Asrama Haji Sukalilo, Surabaya. Foto: Kemenag

SURABAYA – Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci pada Selasa (17/7). Ada 11 kloter yang berangkat dari enam embarkasi, yaitu: Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Surabaya, Makassar, dan Lombok.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia pada hari pertama berjalan lancar. Lukman berharap hal sama akan berlangsung hingga akhir pemberangkatan jemaah ke Arab Saudi.

Jemaah haji Indonesia diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung dari 17 – 29 Juli 2018. Jemaah diterbangkan dari embarkasi di Indonesia menuju Madinah Al-Munawwarah. Total ada 231 kloter yang diberangkatkan pada fase pertama ini.

Adapun pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua akan mulai diberangkatkan pada 31 Juli hingga 15 Agustus 2018. Total ada 280 kloter yang diberangkatkan pada fase kedua ini.

“Mudahan-mudahan kondisi lancar seperti ini akan terus berlangsung hingga berakhirnya gelombang pertama kedua pada 15 Agustus 2018. Sehingga seluruh jemaah haji kita bisa bertolak dari tanah air menuju Tanah Suci,” kata Menag usai melepas jemaah kloter pertama Embarkasi Surabaya (SUB 01) di Sukolilo, Selasa (17/7), sebagaimana dilansir Kemenag.

“Kita bersyukur seluruh persiapan haji di Tanah Suci, baik Madiah, Makkah, serta Arafah dan Mina sudah kita siapkan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan haji tahun ini bisa berlangsung lebih baik dan lancar dari tahun sebelumnya,” sambung Menag.

Usai melepas calon jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Situbondo Embarkasi Surabaya, Menag didampingi Wakil Ketua Komisi VIII Komisi VIII DPR RI Hamka Haq, Kakanwil Kemenag Jatim dan Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, menyapa jemaah yang berada di dalam bus kloter 01.

Menag dan rombongan kemudian meninjau lebih dekat dan menyapa calon jemaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Para jemaah haji tampak tersenyum tatkala disapa Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Menag pun memasuki satu per satu ruangan kelompok terbang para jemaah calon haji dan menyempatkan berdialog dengan mereka. Selanjutnya, Menag meninjau ruang makan jemaah haji, mencicipi menu makanan, mengecek tas jemaah, tidak ketinggalan berswafoto bareng jemaah. Menag juga bercengkrama dengan calon jemaah haji lanjut usia yang akan menunaikan ibadah haji mengunakan kursi roda. (Kemenag/Aas)