Pembuatan E-KTP Lama, Ini Kendala yang Dihadapi Disdukcapil Kabupaten Serang

0
1.826 views
Sejumlah warga Kabupaten Serang sedang membuat E-KTP di kantor Disdukcapil Kabupaten Serang, Kamis (13/7).

SERANG – Kabid pengelola informasi administrasi kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Serang Endah Yuni menegaskan proses pendaftaran pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online per tanggal 31 Mei 2017.

Ia pun memberitahukan bahwa blanko yang sudah diterima oleh pihaknya sebanyak 40.000 dengan jumlah pendaftar online saat ini sebanyak 10.000 orang. “Kalau blanko insya Allah sudah cukup bahkan melebihi,” ucapnya kepada Radar Banten Online, Kamis (13/7).

Masalah proses pembuatan KTP yang cukup lama, kata dia, sebenarnya relatif karena sejauh ini pihaknya berpatokan pada SMS Gateway atau sistem yang memang masih terkendala, terutama jaringan. “Jadi untuk memperoleh data dari masyarakat kami menunggu sistem ini yang sedang terkendala,” tuturnya.

“Kami juga harus memilah-milah dulu, mana saja pembuat KTP pemula dan mana saja pembuat KTP lama. Khawatir nanti mereka hanya ingin memperpanjang KTP saja sedangkan KTP elektronik ini berlaku seumur hidup, nanti ketauan mana yang cetak baru dan mana yang hanya mengganti KTP lama saja,” paparnya.

Sedangkan bagi pengguna KTP elektronik yang hilang, terang Endah, harus disertai surat keterangan kepolisian, begitu juga dengan pemohon yang ingin merubah data diri harus dilengkapi dengan kartu keluarga.

Selain itu, ia hanya menerima pendaftar perekaman sebanyak 200 sampai 270 orang saja setiap harinya, karena lanjutnya, personel di kantornya memang masih kurang sedangkan pemohon setiap harinya selalu membludak.

“Disini kami perekaman jalan terus, namun ada baiknya para pendaftar yang mau perekaman disarankan ke kecamatan saja. Kami sudah menghibahkan alat perekaman disana” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Radar Banten Online sejumlah pemohon baik yang akan perekaman maupun pembuatan Surat Keterangan Sementara (SUKET) sangat membludak dan masyarakat terlihat sedang menunggu antrian yang mulai tak sabar karena harus rela menunggu cukup lama.

Berdasarkan keterangan dari Disdukcapil hari ini, Kamis (13/7) terdapat 119 antrian perekaman dan 230 yang akan mengambil Surat Keterangan (SUKET) KTP Sementara.

Ropilah (30), Warga Kragilan mengaku akan membuat KTP elektronik hari ini, ia mengantri untuk melakukan perekaman di Disdukcapil Kabupaten Serang. “Saya sama suami kesini, di Kecamatan alatnya rusak katanya,” jelasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).