Pembukaan Jalan Cipadang-Pasindangan Rampung

LEBAK – Pembukaan Jalan Cipadang-Pasindangan melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106, Kecamatan Cileles, rampung. Namun, untuk pengerasan jalan sepanjang tujuh kilometer dan lebar tiga meter baru mencapai 80 persen.

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) TMMD ke-106 Kodim 0603 Lebak Kapten Arm Nasori menyatakan, pembukaan jalan yang dilakukan TNI bersama polri dan masyarakat telah selesai. Kini masyarakat dua desa di Kecamatan Cileles mulai menggunakan jalan tersebut, ketika akan ke sekolah, pasar, kebun, dan luar daerah.

“Alhamdulillah, untuk pekerjaan utama pembukaan Jalan Cipadang-Pasindangan telah kita selesaikan,” tandas Kapten Arm Nasori kepada wartawan, Rabu (9/10).

Dia menginformasikan, beberapa pekerjaan yang belum selesai dan masih dalam proses pelaksanaan adalah pengerasan jalan sepanjang tujuh kilometer dan lebar tiga meter, pembangunan turap, dan pembangunan drainase yang baru mencapai 90 persen. 

Sementara untuk pembangunan dua unit gorong-gorong dan sumur bor telah selesai 100 persen. “Kerja keras dari anggota TNI, Polri, dan didukung masyarakat telah membuahkan hasil. Masyarakat antusias ikut gotong royong mulai dari hari pertama sampai sekarang,” ungkapnya.

Menurut Nasori, personel yang diterjunkan dalam kegiatan TMMD itu berjumlah 150 orang. Selain itu, kegiatan tersebut juga diikuti sepuluh anggota Polri dan 51 orang masyarakat. “Progres pembangunan jalan cukup menggembirakan. Sekarang masyarakat tidak lagi harus berputar untuk sampai ke Pasindangan dan sebaliknya,” ujarnya.

Ketua RW 8, Desa Pasindangan, Kecamatan Cileles Misran mengapresiasi, komitmen TNI dalam membantu pembangunan di Lebak. Tanpa bantuan dari TNI, kata dia, tidak mungkin jalan dari Pasindangan ke Cipadang dibuka seperti saat ini.

Selama ini, lanjutnya, masyarakat harus berputar dengan jarak yang jauh ketika akan ke Pasindangan dan sebaliknya.

“Kehadiran anggota TNI di tengah-tengah masyarakat telah memberikan manfaat yang besar. Mereka bangun jalan, sumur bor, pos ronda, dan bergabung dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan,” katanya. (tur/zis)