Pemdes Bojot Rencanakan Penghijauan

0
244 views

JAWILAN – Lingkungan RT 14 RW 03, Kampung Cijampang, Desa Bojot, Kecamatan Jawilan, bakal dibuat hijau. Konsep ini menjadi rencana Pemerintah Desa Bojot untuk mengikutkan Cijampang pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Kepala Desa Bojot Junah mengakui, saat ini, banyak pemerintah desa yang telah melakukan kegiatan pembenahan atau penataan kampung agar bisa berkompetisi dalam perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu. Namun, ada pula pemerintah desa, termasuk Bojot, yang masih tahap perencanaan.

“Dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, kami sudah dalam tahap persiapan. Kami telah menunjuk RW 03, Kampung Cijampang, “ ujarnya. “Kami akan melakukan penghijauan di lingkungan RT 14 RW 03, Kampung Cijampang, dengan menanami pepohonan,” tegas Junah kepada Radar Banten, Minggu (8/9).

Junah mengaku, pihaknya sudah menyosialisasikan Lomba Kampung Bersih dan Aman kepada warga RT 14  RW 03, Kampung Cijampang. Ia berharap agar warga Cijampang kompak membantu pemerintah desa menata lingkungan mereka menjadi bersih dan aman.

Pemilihan Cijampang mengikuti perlombaan, karena menurut Junah, perkampungan tersebut dekat dengan tempat tinggalnya. Juga karena jalan lingkungan di Cijampang sudah dibangun dengan paving blok. Sehingga, akan memudahkan penataannya.

“Penghijauan akan dilakukan dengan menghias pagar rumah warga dengan pot tanaman hias agar terlihat sejuk dan asri,” terangnya.

Gotong royong juga akan dilakukan setiap satu pekan sekali dengan melibatkan warga, BPD, Karang Taruna, dan perangkat RT serta RW, termasuk LPM. “Tidak hanya itu, untuk mempercantik kampung, paving blok yang sudah dibangun dari dana desa akan kita cat warna-warni,” katanya.

Untuk keamanan, kata dia, kegiatan ronda akan diaktifkan, dengan melibatkan bhabinkamtibmas dan babinsa Desa Bojot.

Sarbini, warga Kampung Cijampang, menyatakan dukungannya. Dengan Lomba Kampung Bersih dan Aman, ia berharap, kampungnya menjadi bersih, nyaman, dan aman. “Kami berharap ada kemajuan untuk masyarakat Cijampang dalam semua hal,” ujarnya. (jay/ang/don/ags)