Pemdes Domas Fokus Bersihkan Sampah di Irigasi

PONTANG Catatan tim juri soal saluran irigasi yang penuh sampah menjadi perhatian warga RW 03, Kampung/Desa Domas, Kecamatan Pontang. Warga pun akan membersihkannya. Mereka sadar jika kondisi irigasi yang melintasi kampungnya itu bisa menurunkan poin penilaian juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019.

Saat  Radar Banten mengunjungi Kampung Domas, Minggu sore (24/11), ada dua pekerja tengah membangun jembatan di atas irigasi yang dipenuhi sampah plastik. Saluran air pertanian ini kering.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Desa Domas Syahroni mengaku kewalahan menangani sampah di irigasi yang sudah mengering sejak tiga bulan itu. Menurutnya, sampah plastik yang memenuhi irigasi kering di Domas itu merupakan sampah kiriman dari desa di hulu irigasi.

“Kan Domas ini desa paling ujung, sampahnya numpuk di sini semua. Makanya, kita (Pemerintah Desa Domas-red) mau fokus bersihkan irigasi dulu,” tegas Syahroni kepada Radar Banten.

Syahroni tidak memungkiri jika Irigasi yang kering membuat lingkungan Domas masih terlihat kumuh. Apalagi, lahan di samping saluran irigasi itu, serta di depan Kantor Desa Domas, sebelumnya sempat menjadi tempat pembuangan sampah liar. “Tapi sekarang, kami berusaha membuat lahan itu menjadi Taman Blukbukan, taman warna-warni,” ungkapnya.

Warga Domas juga sudah membuat taman bunga di permukimannya. Serta, mengecat jalan kampung. Ini upaya warga agar kampungnya tidak kumuh. “Alhamdulillah, warga kompak gotong royong menata lingkungan. Sekarang juga, kita sudah punya delapan tong sampah,” ujar Syahroni.

Untuk mengatasi persoalan sampah, lanjutnya, Pemerintah Desa Domas mendirikan bank sampah. Sebagai nasabah, warga Domas telah memiliki buku tabungan dari hasil setoran sampah. “Minggu depan, baru mulai pelaksanaannya,” jelas Syahroni.

Esih Sukaesih, warga Domas, mengakui jika LKBA sangat bagus untuk memperbaiki lingkungan. Lomba itu mampu membuat warga Domas termotivasi bergotong royong membuat taman agar lingkungannya menjadi hijau. “Semoga, Kampung Domas jadi juara,” harapnya. (mg06/don/ags)