Pemdes Kadugenep Siapkan Tong Sampah

PETIR – Penyediaan tong sampah untuk warga telah dicanangkan Pemerintah Desa Kadugenep, Kecamatan Petir. Sarana itu untuk menampung sampah rumah tangga di lingkungan RW 004, Kampung Kadugenep Sebrang. Tong sampah itu bagian dari persiapan menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. 

“Nanti, kita siapkan bak sampah di sela-sela halaman rumah warga. Mudah-mudahan, bahannya drum biar sampah bisa dibakar,” kata Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Kadugenep Idrus kepada Radar Banten, Jumat (11/10).

Selama ini, warga di Kadugenep Sebrang masih membuang sampah di belakang rumahnya atau di lahan kosong. Kemudian, membakarnya.

Setelah tong sampah terpasang di rumah-rumah warga, Idrus menjelaskan, akan dicat agar terlihat menarik. Ia berharap, warga Kadugenep Sebrang disiplin membuang sampah pada tempatnya, setelah penyediaan tong sampah dipenuhi Pemerintah Desa Kadugenep.

“Nanti, (cat-red) kita belikan. Mudah-mudahan dari desa. Kan bisa nambah bagus kelihatannya kalau seragam,” jelas Idrus.

Penataan lingkungan mulai dari saluran pembuangan air, gapura di gang perkampungan, hingga perbaikan pos kamling di Kadugenep Sebrang juga telah direncanakan Pemerintah Desa Kadugenep. Pihak desa telah berkoordinasi dengan pengurus RT dan RW di Kadugenep Sebrang. “Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana,” harapnya.

Idrus yakin, warga Kadugenep Sebrang bisa memberikan hasil yang terbaik pada Lomba Kampung Bersih dan Aman. Karena, pada 2014, Desa Kadugenep mewakili Kabupaten Serang dalam Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat. “Kami berharap bisa menjadi desa bersih dan aman,” ujarnya.

Ketua RT 17 RW 004, Kampung Kadugenep Sebrang, Yusuf Parsa mengaku, telah mengetahui rencana Pemerintah Desa Kadugenep memberikan tong sampah bagi warganya.

“Nanti, bak (tong-red) penampung sampahnya dicat seragam. Lainnya, kami tinggal membersihkan lingkungan,” ungkapnya.

Untuk keamanan lingkungan, di RT 17 memiliki dua pos kamling. Terletak di pinggir jalan utama Kadugenep Sebrang dan di tengah perkampungan. Ronda malam pun berjalan sesuai jadwal. “Alhamdulillah aman. Kami berharap menjadi yang terbaik dalam lomba ini,” tandas Yusuf optimistis. (fdr/don/ira)