Pemdes Kampung Melayu Timur Cetak Wirausaha Muda

TANGERANG – Pemerintah Desa Kampung Melayu Timur, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang fokus menjalankan program pemberdayaan masyarakat dengan mencetak wirausaha muda. Salah satunya lewat pelatihan keterampilan yang menyasar para pemuda desa.

Hal itu dikatakan Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha dan Umum Desa Kampung Melayu Timur Jastari saat ditemui di kantornya, Jumat (22/11). Jastari menjelaskan, pelatihannya berupa servis motor dan pangkas rambut dengan memanfaatkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) bidang pemberdayaan masyarakat dan dilaksanakan awal tahun ini. “Kami berharap dengan pelatihan ini para pemuda bisa memiliki keahlian dan kemauan berwirausaha,” jelasnya.

Salah satu pekerja pangkas rambut Boby yakni Sendy yang diwawancarai menceritakan bahwa usaha pangkas rambut yang ada di Kampung Melayu Timur RT 02 RW 02 sehari dapat melayani 15 sampai 30 pelanggan. “Alhamdulillah banyak warga yang langganan cukur rambut karena mengaku puas sama hasil cukurannya,” pungkasnya.

Sementara itu, tak hanya sekedar pelatihan, namun para peserta juga akan diberikan bantuan peralatan untuk memulai usahanya. Sebelumnya bantuan modal peralatan seperti las listrik dan sablon digital juga pernah diberikan kepada sejumlah pemuda yang berwirausaha dan berlangsung hingga sekarang. (pem/rb/adm)