Pemdes Kragilan Bakal Gandeng IKPP

0
78

KRAGILAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Kragilan, Kecamatan Kragilan, berencana menggandeng PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) untuk meningkatkan kebersihan dan keamanan lingkungan Kampung Baleendah, tepatnya RT 003 RW 005. Perkampungan itu mewakili Desa Kragilan pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Kragilan Edi Sutisna mengaku, sudah mengerahkan warga Baleendah untuk lebih meningkatkan kebersihan kampung. Kegiatan gotong royong warga membersihkan kampung diharapkan mendapat dukungan dari produsen kertas di Kecamatan Kragilan, PT IKPP.

“Kita bakal gandeng industri untuk bantu memaksimalkan kebersihan dan keamanan lingkungan,” tegas Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Kragilan Edi Sutisna kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Rabu (28/8).

IKPP bakal digandeng lantaran, menurut Edi, pihak menajemen perusahaan tersebut kerap menawarkan penyediaan bak sampah kepada Pemerintah Desa Kragilan. Karenanya, bantuan itu akan diterima untuk membuat bak sampah di Kampung Baleendah. “Selama ini, warga buang sampahnya masih masing-masing,” katanya.

IKPP, sebut Edi, juga mendukung kebersihan kampung. Hal itu dibuktikan dengan perlombaan Kampung Bersih tingkat Kecamatan Kragilan pada 2017. Waktu itu, Desa Kragilan mendapat juara kedua. “Kita juga dapat bantuan satu unit motor roda tiga untuk angkut sampah dari Pemerintah Provinsi Banten,” ujarnya.

Selain kebersihan, Edi memastikan, tingkat keamanan di Baleendah terjamin. Perkampungan itu telah dilengkapi pos kamling dan empat unit kamera pengintai atau CCTV yang selalu aktif. “Soalnya, dulu pernah ada kasus kemalingan motor. Sekarang sih sudah aman,” terang Edi.

Namun, Edi mengakui, Baleendah belum bisa memenuhi empat persyaratan Kampung Bersih dan Aman. Yakni, harus tersedia tempat pembuangan sampah (TPS), harus memiliki sistem keamanan lingkungan (siskamling), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kita baru punya pos jaga. Itu juga siskamlingnya belum maksimal,” tuturnya.

Edi berjanji akan segera melengkapi persyaratan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Ia optimistis, Baleendah bisa bersaing dan menjadi kampung percontohan. “Meski masuk daerah industri, tapi lingkungan di sini (Baleendah-red) asri dan banyak pohon,” akunya.

Ketua RT 003 RW 005, Kampung Baleendah, H Sugiman menambahkan, ketersediaan tempat sampah masih belum memadai untuk menampung volume sampah di kampungnya. “Semoga akan ada tambahan tempat sampah lagi,” harapnya.

Sugiman memastikan, Baleendah siap bersaing pada Lomba Kampung Bersih dan Aman. “Warga sudah menerapkan pola hidup bersih sejak lama, jadi yakin menang,” akunya. (mg06/don/ira)