Pemdes Marga Mulya Berikan Bantuan 6.000 Bibit Mangrove

0
440 views

TANGERANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang memberikan bantuan 6.000 bibit mangrove ke masyarakat. Hal tersebut dilakukan, lantaran banyak aktivitas warga khususnya ibu-ibu yang giat membudidayakan mangrove.

Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Desa Marga Mulya Syafe’i mengatakan, bantuan bibit mangrove diberikan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) anggaran tahun 2019. Bantuan diberikan untuk meningkatkan semangat ibu-ibu dalam membudidayakan mangrove. “Ilmu budidaya mangrove yang dimiliki ibu-ibu didapat dari pelatihan yang diberikan Pemkab Tangerang,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (12/11).

Syafe’i menjelaskan, kelompok ibu-ibu pembudidaya diketuai oleh Jawiyah dan berpusat di Kampung Marga Mulya RT 01 RW 03. Dengan digelontorkannya bantuan bibit tersebut, lanjut Syafe’I, bisa menambah penghasilan mereka. “Kalau penghasilan mereka bertambah, ibu-ibu jadi semakin semangat. jangan lupa juga, ibu-ibu harus pandai memutar uang penghasilan, agar budidaya mangrove ini semakin berkembang ya,” jelasnya.

Sementara itu, koordinator budidaya mangrove Desa Marga Mulya Jawiyah menambahkan, penanaman mangrove mulai dari usia sekitar tiga bulan di pantai untuk mencegah pengikisan daratan. “Kalau hasil budidaya mangrove banyak dipesan untuk kegiatan anak sekolah, mahasiswa, swasta ataupun pemerintah. Mangrove usia sekitar tiga bulan dijual kisaran Rp1.500 sampai Rp2.500 per pohon,” tutupnya. (pem/rb/adm)