Pemdes Sangiang Jaya Antisipasi Narkoba Masuk Desa

0
825 views

RANGKASBITUNG – Peredaran narkoba di Indonesia saat ini tidak hanya terjadi di kota – kota besar, namun saat ini sudah memasuki area yang lebih dalam lagi seperti pedesaan. Sasarannya pun sudah bukan generasi muda lagi, bahkan anak – anak dan orang yang sudah lanjut usia pun bisa terjerumus dalam dunia narkoba.

Menyadari hal tersebut, pemerintah desa (Pemdes) Sangiang Jaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak mengajak masyarakat desa untuk bersama mengatisipasi hal tersebut.

Kepala Desa Sangiang Jaya Usep Pahlaludin disela – sela memperingati Hari Jadi Desa Sangiang Jaya yang ke 33, Minggu (9/7), mengatakan, tingkat penyalahgunaan narkoba menjadi salah satu perhatian pihaknya agar tidak sampai masuk ke daerah yang dipimpinnya.

“Jujur saja saya prihatin dengan peredaran narkoba yang kini sudah merambah ke perkampungan, tidak hanya di kota saja,” kata duta anti korupsi Kejari Lebak ini.

Menurutnya, untuk mengantisipasi peredaran narkoba di pedesaan bukan hanya tanggung jawab aparat penegak hukum. Namun semua elemen masyarakat. Karena itu pihaknya tak henti – henti mensosialisasikan bahaya narkoba dan seks bebas ke masyarakat melalui berbagai macam kegiatan yang melibatkan masyarakat.
“Dalam berbagai macam kegiatan mulai dari pengajian hingga posyandu kami terus ingatkan masyarakat agar mewaspadai narkoba. Jangan sampai kecolongan ada salah satu keluarga yang menjadi korban atau pemakai narkoba,” ucapnya.

Sejauh ini, sebut Usep pihaknya belum mendengar adanya warga setempat yang terlibat penyalahgunaan barkoba.
“Alhamdulilah, saya belum mendengar adanya warga yang berurusan dengan aparat karena terlibat penyalahgunaan narkoba,” tukasnya.

Usep menambahkan, dalam menyemarakan hari jadi Desa Sangiang Jaya ke-33 berbagai macam kegiatan lomba digelar diantaranya qasidah, liwet, tumpeng dan lain – lain antar Rt/Rw.
“Acara ini kami gelar tiga hari tiga malam dalam memeriahkan hari jadi desa, sekaligus sosialisadi bahaya narkoba,” tambahnya. (Rahmatullah/twokhe@gmail.com)