Pemdes Sukamampir Berharap Warga Pasirduman Termotivasi

0
96

BINUANG – Lingkungan RT 01 RW 01, Kampung Pasirduman, diakui kurang bersih. Namun, Pemerintah Desa Sukamampir, Kecamatan Binuang, sengaja memilihnya untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Misi pemerintah desa itu adalah agar warga Pasirduman termotivasi membersihkan lingkungannya. 

“Meski warga Kampung Pasirduman dinilai kompak. Namun, kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungannya masih kurang. Sehingga, masih banyak yang perlu dibenahi di kampung ini,” tegas staf Pemerintah Desa Sukamampir Oji Fahroji saat ditemui jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Selasa (24/9).

Oji menyampaikan, penunjukan lingkungan Pasirduman mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten ini juga agar tumbuh kreativitas warga dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Untuk mendorong hal itu, pihak desa akan membantu penyediaan tong sampah.

“Yang terpenting, kekompakan warga Kampung Pasirduman harus solid dalam menjaga kebersihan lingkungannya,” terangnya.

Agar Pasirduman mampu bersaing dengan kampung lain di Kabupaten Serang, Oji menyebutkan, ada empat kegiatan yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa Sukamampir bersama warga. Pertama, membangun tempat pembuangan sampah terpadu. Kedua, mengecat pagar rumah warga. Lalu, membenahi saluran air agar tidak tersumbat dan airnya tidak berbau busuk. Keempat, menyediakan tong sampah di beberapa titik di Pasirduman.

“Untuk melakukan empat hal tersebut, warga dituntut kompak dan melakukannya secara bergotong royong. Karena, dengan bergotong royong, dapat meningkatkan kepedulian sosial warga mengenai kebersihan dan keindahan kampungnya,” tutur Oji.

Hal senada disampaikan Salmin, Ketua RT 01, Kampung Pasirduman. Ia akan mendorong warganya agar rutin melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan kampung mereka, satu bulan sekali. Begitu pula dengan kegiatan siskamling. Ronda malam akan diaktifkan sesuai jadwal.

“Meski masih banyak yang perlu dibenahi di Kampung Pasirduman, dengan kekompakan warga, diharapkan apa yang sudah direncanakan dapat direalisasikan,” ujar Salmin. (rio/ang/don/ira)