Pemekaran Kelurahan Dibahas Februari Mendatang

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Banperda) DPRD Kota Serang Uhen Juheni mengatakan, pembahasan pemekaran tiga kelurahan yang diusulkan oleh Pemkot Serang akan dilakukan Februari 2016 mendatang. Hal ini dikarenakan pihaknya masih menunggu kesiapan Pemkot Serang sebagai pihak yang mengusulkan.

“Iya memang sudah masuk Prolegda (Program Legislasi Daerah-red) terkait usulan pemekaran tiga kelurahan,” ungkap Uhen kepada Radar Banten Online, Rabu (20/1/2016).

Baca Juga : Pemkot Serang Siapkan Pemekaran Tiga Kelurahan

Uhen menjelaskan, bila tidak ada halangan pihaknya bersama anggota yang lain akan mengupayakan tahun 2016 ini selesai pembahasan. Sehingga tahun 2017 bisa ditetapkan karena memang harus menunggu telaah dari Gubernur terlebih dahulu. “Kalau memang rancangan dan naskah akademiknya belum ada, kita belum bisa melakukan pembahasan. Jadi sebenarnya prosesnya lambat atau cepat tergantung Pemkot,” jelasnya.

Uhen menambahkan, pihaknya memang pernah menerima pengajuan dari masyarakat Kelurahan Cilowong untuk pemekaran Kelurahan, termasuk juga pihaknya melihat di kelurahan lainnya khususnya di Kecamatan Serang jumlah penduduknya semakin padat sehingga ini berdampak pada pelayanan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, mendukung usulan pemekaran ini, karena memang dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Dampak yang akan terasa, yakni pembangunan akan lebih merata dan tentunya kesejahteraan masyarakat setempat juga akan meningkat,” tandasnya.

Untuk diketahui, tiga kelurahan yang akan dimekarkan oleh Pemkot Serang yakni Kelurahan Cibendung, pecahan Cilowong Kecamatan Taktakan Kelurahan Ciracas dari Kelurahan Serang dan Kelurahan Unyur Kecamatan Serang. (Fauzan Dardiri)