Pemeliharaan Jalan dan Drainase Jadi Kewenangan Kecamatan

0
744 views

CILEGON – Pemeliharaan jalan serta drainase lingkungan akan menjadi kewenangan kecamatan. Dengan seperti itu, pemeliharaan baik berupa perbaikan maupun normalisasi tak lagi ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon.

Hal tersebut terungkap dalam rapat finalisasi pelimpahan sejumlah kewenangan dari walikota ke camat yang berlangsung di ruang rapat staf ahli Setda Kota Cilegon, Jumat (31/1).

Asda I Kota Cilegon Taufikurrohman menjelaskan, secara umum sejumlah kewenangan walikota yang dilimpahkan kepada camat adalah kewenangan terkait kondisi lingkungan di kecamatan.

Ia mencontohkan, perbaikan jalan yang bersifat ringan serta menormalisasi drainase tak lagi harus menunggu Dinas PUTR Kota Cilegon, melainkan langsung ditangani oleh kecamatan.

“Ada drainase mampet karena pohon tumbang atau apa, yah langsung saja oleh kecamatan, jangan nunggu koordinasi dulu, silakan camat kerahkan lurah,” ujar Taufik.

Contoh lain adalah kewenangan pengelolaan sampah. Selama ini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon. Dengan dilimpahkan, pengelolaan sampah dari masyarakat sampai ke depo sampah langsung ditangani camat.

Pelimpahan ini dilakukan agar camat mampu berinovasi dan cepat menangani persoalan-persoalan lingkungan yang sedang dihadapi oleh masyarakat, tanpa harus melalui prosedur panjang ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jangan semuanya ke walikota. Masa drainase mampet aja harus walikota, jalan rusak dikit ke walikota, itu biar langsung ditangani camat,” ujarnya.

Setelah disetujui oleh Walikota Cilegon, Pemkot akan mengalokasikan anggaran pemeliharaan dan anggaran-anggaran lain untuk implementasi kebijakan tersebut. (Bayu Mulyana)