Walikota Serang Syafrudin. Foto: Dokumen Radar Banten

SERANG – Pemerataan akses dan kualitas pendidikan bakal menjadi prioritas pembangunan di Kota Serang. Hal itu disampaikan Walikota Serang Safrudin saat membuka forum konsultasi publik RPJMD 2019-2023 di Hotel Le Dian Kota Serang, Senin (7/1).

Selain pendidikan, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan juga menjadi prioritas. Program lainnya, pengentasan kemiskinan serta perluasan kerja, pengembangan kewirausahaan, dan aksesibilitas permodalan. Kemudian, pengembangan dukungan bagi usaha kecil, menengah, dan koperasi. Pengembangan potensi pariwisata berbasis kuliner, budaya dan sejarah, serta peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi, infrastruktur, sumber daya air, perumahan dan sanitasi.

Pada kesempatan itu, Safrudin menyerukan agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dapat menjabarkan visi dan misi Kota Serang dengan menyusun sasaran OPD serta program prioritas beserta indikator kinerjanya. Itu dilakukan agar terukur dan relevan dengan pencapaian visi misi dalam rangka penyelesaian permasalahan daerah. Seperti kemiskinan, rendahnya IPM, maupun pertumbuhan ekonomi.

“Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada prioritas yang direncanakan dan tidak bermanfaat,” katanya.

Safrudin juga menyerukan rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Serang Namin mengatakan, program yang disusun harus memiliki ukuran yang jelas. Jangan sampai program yang dilaksanakan terlalu muluk sehingga tidak bisa direalisasi.

Kata dia, penyusunan RPJM harus mempertimbangkan aspirasi masyarakat. Masyarakat harus diajak berpartisipasi aktif sehingga program yang dilaksanakan dapat diimplementasikan dengan baik. (Ken Supriyono)