Gubernur Banten Wahidin Halim menyiramkan air ke peserta panjat pinang, Jumat (18/8).

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten hari ini menggelar panjat pinang di area Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Dalam momen tersebut, pemerintah dan masyarakat bersaing merebutkan aneka macam hadiah yang sudah di pasang di 10 pinang.

Ketua Pelaksanan lomba Panjat Pinang Opar Sohari menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya pemerintah dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agusutus kemarin.

“Pemerintah ingin adanya kebersamaan dengan masyarakat dalam memperingati kemerdekaan ini,” kata Opar, Jumat (18/8).

Dengan agenda tersebut, Opar berharap kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat bisa terus terjalin dalam bentuk aktifitas lainnya termasuk pembangunan di Provinsi Banten. Tentu, menurut Opar, pemerintah menyadari peran serta masyarakat dibutuhkan untuk mewujudkan pembangunanan.

Adapun hadiah yang disapkan oleh pemerintah yaitu sebanyak 26 jenis hadiah seperti televisi, sepeda, dispenser, peralatan dapur, serta sejumlah hadiah lainnya. “Ada 38 tim yang terdiri dari pemerintah dan masyarakat yang ikut lomba ini,” kata Opar.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim menjelaskan, panjat pinang memiliki filosofi yang sangat tinggi terkait nilai-nilai kebersamaan, kerja keras, serta tekad.

“Dalam perlombaan ini kita bisa ambil nilai kerjasama, gotong royong, saling membantu, dan tekad serta usaha untuk mencapai keinginan,” kata WH sebelum lomba dimulai.

WH berharap dengan adanya lomba ini masyarakat bisa terhibur. Namun, masyarakat pun tetap bisa mengambil nilai-nilai filosofis tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (Bayu Mulyana/coffeandchcocake@gmail.com)