Pemerintah Desa Bergerak Lawan Corona

Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum memberikan arahan pada apel persiapan kegiatan penyemprotan disinfektan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kecamatan Carenang, Senin (6/4).

SERANG – Intruksi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah agar seluruh pemerintah desa bergerak memerangi coronavirus disease (Covid-19 ) langsung mendapat respons. Sejumlah desa mulai bergerak menjalankan program pencegahan virus, dari melakukakn sosialisasi, penyemprotan disinfektan, hingga menyediakan rumah isolasi mandiri.

Alhamdulillah sejumlah desa sudah menjalankan program pencegahan mewabahnya virus corona. Kami targetkan 326 desa bisa menjalankan intruksi Ibu Bupati dengan baik,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto di ruang kerjanya, Senin (6/4).

Kata Rudi, Bupati juga mengimbau pemerintah desa membentuk relawan dari tingkat desa hingga tingkat RT/RW. Termasuk mengimbau warga di daerah zona merah penularan Covid-19 tidak mudik Idul Fitri. Bagi yang memaksakan mudik ke kampung, maka harus dilakukan isolasi mandiri minimal 14 hari.

Sementara itu, Danramil 0219/Cikande Kapten Inf Sudarsono mengatakan, pihaknya sudah bersinergi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melibatkan unsur Polri. Di tingkat desa, pihaknya juga melibatkan aparatur desa, pegawai puskesmas, Babinsa, serta Bhabinkamtibnas. “Kami meminta seluruh warga tetap tenang dan tidak panik. Karena saat ini pemerintah sudah berupaya menghentikan penyebaran virus corona. Mari kita semua selalu berdoa kepada Allah Swt agar masalah bangsa ini cepat selesai, ” pesannya.

Terkait itu, Kepala Desa (Kades) Ketos, Kecamatan Kibin, Rokhyati mengajak warganya untuk melakukan isolasi mandiri dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah, serta menjaga jarak aman saat berinteraksi selain melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayahnya masing-masing.

Sementara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terus memantau upaya-upaya pencegahan yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pemerintah kecamatan hingga pemerintah desa. “Alhamdulillah pemerintah desa bergerak. Di Desa Ciomas, Kecamatan Padarincang misalnya langsung disediakan rumah khusus untuk isolasi mandiri,” ucapnya.

Menurut Tatu, upaya pencegahan virus corona tidak hanya tugas pemerintah, melainkan juga tugas masyarakat. “Jika kita bersatu melakukan berbagai upaya. Saya yakin Covid-19 bisa kita perangi,” ajaknya.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang semakin serius dalam memutus rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Serang. hal itu dibuktikan dengan pelibatan seluruh unsur dalam melawan virus mematikan tersebut, mulai dari lembaga DPRD, TNI-Polri, relawan, Palang Merah Indonesia (PMI), organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, hingga semua elemen masyarakat.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pencegahan hingga penyemprotan disinfektan di sjeumlah kecamatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. “Hari ini (kemarin-red) kita lakukan penyemprotan disinfektan di Carenang dan Binuang. Kami serius perangi korona,” tegas Nana di sela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan di halaman kantor Camat Carenang, Senin (06/04). “Kita sudah lakukan penyemprotan di 18 kecamatan,” imbuhnya.  

Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum yang mengikuti apel persiapan kegiatan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, kegiatan penyemprotan oleh tim Gugus Tugas merupakan upaya agar Kabupaten Serang terhindar dari virus corona. “Kewajiban kita melaksanakannya dalam menjaga kesehatan masyarakat Kabupaten Serang,” ujar pria yang akrab disapa Ulum yang juga menjabat Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang itu.

Informasi yang diterima Radar Banten, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Serang mencapai 540 orang dalam pemantauan (ODP), 14 pasien dalam pengawasan (PDP). “Tapi tidak ada yang positif. Kegiatan penyemprotan harus kita apresiasi semua elemen masyarakat agar bisa memutus rantai penyebaran virus secara maksimal,” ucap Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPD I Golkar Banten itu.

Terkait itu, Camat Carenang Samsuri menyambut baik upaya penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Ia pun menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang sudah memberikan perhatian serius terhadap masalah Covid-19 di wilayahnya. “Penyemprotan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ucapnya. (mg06-jek/zai/ags)