Pemerintah Jamin Pendidikan Anak Awak KRI Nanggala-402 Hingga S1

0
2074

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan duka yang mendalam atas gugurnya prajurit TNI awak kapal KRI Nanggala-402. Jokowi mengatakan negara akan menjamin pendidikan anak-anak prajurit awak kapal KRI Nanggala-402.

“Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Selain itu awak kapal KRI Nanggala-402 yang gugur akan diberikan penghargaan kenaikan pangkat atas pengorbanan prajurit. Jokowi menyebut awak kapal KRI Nanggala-402 sebagai putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.

“Pengabdian Saudara Saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran dan ketabahan,” kata Jokowi.

“Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit prajurit terbaik tersebut,” ungkap Jokowi.

Sebagai informasi, Bintang Jalasena adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota TNI AL. Tanda kehormatan ini diberikan kepada prajurit yang berjasa di bidang militer yang menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Seperti diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi mengatakan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 gugur. Hal itu disampaikan Hadi setelah kondisi kapal diketahui.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).(rbnn)