Penetapan lokasi jalan Tol Serang-Panimbang yang dihadiri kepala daerah kabupaten/kota di Banten.

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten hari ini menetapkan lokasi jalan tol Serang-Panimbang di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang. Penetapan lokasi tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Banten Rano Karno.

Rano mengatakan, pembangunan jalan tol Serang-Panimbang merupakan komitmen Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pembangunan di Provinsi Banten. Secara khusus jalan tol tersebut dan Bandara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang ditujukan untuk mendukung pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

“Selai n itu untuk mengurangi biaya logistik pengiriman barang dari kawasan industri di Pandeglang ke pelabuhan sekitar Banten, termasuk di Jakarta atau sebaliknya,” ujar Rano, Rabu (29/6).

Rano melanjutkan, jalan tol sepanjang 84 KM ini terdiri dari tiga seksi. Pertama Serang-Rangkasbitung, kedua Rangkasbitung-Bojong, dan ketiga Bojong-Panimbang. “Jalan ini membutuhkan 785 hektare tanah yang melalui 52 desa/kelurahan, 14 kecamatan, dan empat kabupaten/kota,” ungkapnya.

“Perencanaan pengadaan tanah untuk jalan tol ini sudah dimulai sejak 2015. Amdal telah diselesaikan melalui fasilitas Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas,” ujar Rano.

Rano melanjutkan, penetapan lokasi akan ditindak lanjuti dengan pengadaan tanah, lelang investasi, dan konstruksi. “Jalan tol ini diharapkan dapat mulai beroperasi di tahun 2018 sehingga dapat segera meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengangkat kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (Bayu)