Kepala Divisi Program Perencanaan dan Data KPU Kota Cilegon Mulya Mansur

CILEGON – Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb) atau warga yang mengurus form C5 di Kota Cilegon mencapai 1.907 pemilih.

Berdasarkan data KPU Kota Cilegon hingga Jumat (15/3), dari 1.907 pemilih tambahan itu sebanyak 1.185 orang merupakan pemilih pindahan dari daerah lain. Sedangkan warga Cilegon yang pindah tempat pemilihan sebanyak 722 orang.

Arif (24) mengaku mengajukan pindah memilih dari Kota Padang, Sumatera Barat ke Kota Cilegon, mengetahui risikonya. Dia hanya memiliki hak suara untuk pilpres. “Saya ke sini mengurus pindah memilih form C5. Iya buat pilpres. Enggak apa-apa. Iya hanya pilpres,” ujarnya kepada Radar Banten di KPU Kota Cilegon, Jumat (15/3).

Kepala Divisi Program Perencanaan dan Data KPU Kota Cilegon Mulya Mansur mengatakan, batas akhir pendaftaran DPTb awalnya dijadwalkan berakhir pada 12 Maret. Namun KPU RI menambah waktu hingga 17 Maret. “Kalau dilihat, warga sangat antusias karena memang akan menggunakan hak pilih 17 April nanti,” katanya.

Untuk mempermudah pelayanan pindah memilih, kata dia, KPU membuka posko di kelurahan, kecamatan, termasuk di kampus dan rumah sakit. (Fauzan Dardiri)