Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Cilegon Jangan Berbasis Kursi

Cilegon – Ketua Fraksi Kebangkitan Demokrasi DPRD Kota Cilegon Rahmatulloh menginginkan agak posisi pimpinan alat kelengkapan tidak diisi melulu dengan pertimbangan perolehan kursi parpol di lembaga legislatif. Pengisian pimpinan alat kelengkapan DPRD juga harus mempertimbangkan unsur kompetensi dan pengalaman anggota DPRD.

“Jadi mudah-mudahan nanti teman-teman anggota DPRD mempertimbangkan hal tersebut saat memilih pimpinan alat kelengkapan DPRD,” kata satu-satunya politisi Partai Demokrat di DPRD Kota Cilegon itu, Kamis (16/10/2014).

Diungkapkan, awal pekan depan diperkirakan tata tertib DPRD Kota Cilegon yang diantaranya mengatur tentang pembentukan alat kelengkapan DPRD akan disahkan melalui rapat paripurna DPRD.
“Setelah itu baru dibentuk alat kelengkapan untuk kemudian masing-masing alat kelengkapan melakukan pemilihan pimpinannya,” kata Rahmatulloh.

Menurut dia, tata tertib tidak mengatur tata cara pemilihan pimpinan alat kelengkapan secara detail. Tata cara pemilihan diserahkan kepada kesepakatan di dalam alat kelengkapan masing-masing.

Untuk diketahui, Fraksi Kebangkitan Demokrasi yang dipimpin Rahmatulloh adalah fraksi gabungan yang hanya memiliki tiga kursi, dengan dua kursi lainnya adalah milik Partai Nasdem. Sementara itu kursi mayoritas dikuasai oleh Golkar. (idham)