Tes ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (UM-PTKIN) di UIN SMH Banten, Selasa (23/5). Foto: Wirda GH

SERANG –  Lulusan madrasah aliyah dan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten setiap tahun meningkat.
Pada tahun akademik 2017/2018 ini, misalnya, pada jalur penerimaan ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (UM-PTKIN), ada 2.140 pendaftar. Sementara kuotanya hanya 1.650 orang.

“Kuota keseluruhan yang disediakan 2.600 mahasiswa baru,”  kata Wakil Rektor I UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Ilzamudin Makmur di sela-sela tes UM-PTKIN, Selasa (23/5).
Tes masuk selain melalui UM-PTKIN, lanjut dia, juga melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN yang lebih dulu dilaksanakan. Kemudian melalui penerimaan calon mahasiswa baru jalur tes mandiri yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Mengenai tes jalur UM-PTKIN di kampus Ciceri, Kota Serang,  menggunakan 107 ruangan. Masing-masing ruangan terdiri dari 20 peserta.

Ilzam mengungkapkan, saat ini UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten memiliki empat fakultas yakni Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

“Berdasarkan hasil SPAN, mayoritas peserta memilih Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Islam,”katanya

Perubahan status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) menjadi UIN, menurut Ilzam, dapat menjaring lebih banyak lagi putra-putri dari Provinsi Banten dan luar Banten.

Saat ini baru terdapat 12  program studi (prodi). Nanti ada penambahan fakultas baru yaitu Fakultas Sains Teknologi.  “Minimal penambahan enam prodi. Nanti kita harapkan ada lima kali seleksi yaitu SMNPTN dan SBMPTN,” harapnya. (Wirda Gariza Haq/risawirda@gmail.com)