Pemkab akan Gelar Assessment, Selesaikan Kekosongan Jabatan

LEBAK – Sejumlah pejabat eselon II Pemerintah Lebak akan mengikuti assessment yang akan dilaksanakan di aula Multatuli Setda Lebak, pada 27-28 Agustus mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Lebak Dede Jaelani menerangkan, tujuan kegiatan itu untuk menguji kinerja, kemampuan dan kapasitas para pejabat itu sebagai pengambil kebijakan.

“Assessment ini bisa disebut sebagai uji kompetensi terhadap para pejabat yang akan dilakukan rotasi mutasi,” katanya.

Sementara itu, kata Dede, untuk mengisi jabatan yang kosong karena ditinggal pensiun akan dilakukan lelang jabatan atau open biding pada Oktober-November tahun ini.

Para pejabat yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri sebagai peserta lelang jabatan untuk posisi kepala Dinas Peternakan (Disnak), Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Pertanian (Distan), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Direktur RSUD Adjidarmo.

“Nanti kita akan konsultasikan dulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan ada enam sampai tujuh OPD yang akan digelar open bidding,” kata Dede.

Menurutnya, saat ini ada lima OPD di Lebak yang dipimpin pelaksana tugas (Plt) yaitu DPMPTSP, Dispar, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan direktur RSUD Adjidarmo. “Dari lima itu, ada dua kepala OPD yang dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun,” katanya.

Terpisah, Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lebak Agus Nugraha mengatakan langkah assesment ini merupakan keharusan sebagai PNS untuk diketahui sejauh mana kompetensi pada jabatannya.

“Assessment ini akan menambah pemahaman bagaimana pejabat menguasai manajerial dan cepat dalam menentukan kebijakan. Assessment ini akan diikuti oleh seluruh pejabat, dan staf. Serta bagi yang belum mengikuti assessment. Khususnya untuk pejabat eselon dua,” katanya. (nce/zis)